Dimensy.id
Apollo Solar Panel

KBRI Beijing Promosikan dan Fasilitasi UKM Indonesia di Shandong

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Kamis, 03 Juni 2021, 06:35 WIB
KBRI Beijing Promosikan dan Fasilitasi UKM Indonesia di Shandong
Dubes Djauhari Oratmangun dalam Opening Ceremony acara SME/Net
rmol news logo Indonesia ambil bagian dalam acara "ASEAN-China (Shandong) SME Conference for Cooperation and Development" yang diselenggarakan atas kerja sama Pemerintah Provinsi Shandong dengan ASEAN-China Centre (ACC), yang berlangsung sejak 28 Mei lalu.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Kegiatan tersebut dihadiri oleh para Kepala Perwakilan negara-negara ASEAN, seperti Dubes Laos, Kamboja, Malaysia, Sekretaris-Jenderal ACC, Wakil Sekretaris-Jenderal Komunitas Ekonomi ASEAN, pejabat tinggi Pemerintah Provinsi Shandong, serta pengusaha China dan negara-negara ASEAN termasuk Indonesia secara online dan offline.

Delegasi Indonesia hadir diwakili oleh Duta Besar Djauhari Oratmangun yang didampingi oleh Atase Bidang Perdagangan dan Fungsi Ekonomi.

Dalam rangkaian kegiatan yang meliputi promosi LPTK dan sesi business matching, sejumlah pengusaha Indonesia mengikuti business matching secara online yang terbagi dalam sektor pendidikan, pariwisata, permesinan, makanan, serta perdagangan dan investasi.

Rangkaian konferensi meliputi sesi promosi TTI, seminar, pameran foto, dan business matching dengan peserta daring dan luring berjumlah sekitar 300 orang. Sejumlah pengusaha Indonesia turut berpartisipasi secara daring dalam business matching yang dibagi dalam sektor pendidikan, pariwisata, mesin, makanan, serta perdagangan dan investasi. PT. Jababeka juga turut berpartisipasi secara langsung dan bertemu dengan mitra-mitra pengusaha Tiongkok.

Dalam sambutannya pada Opening Ceremony,  Djauhari menyampaikan perkembangan dan potensi kerja sama ekonomi Indonesia-Tiongkok khususnya di sektor UKM.

Djauhari juga menekankan pentingnya peningkatan kerja sama digitalisasi UKM untuk mendorong percepatan pemulihan ekonomi global di masa maupun pasca pandemi.

Atase Perdagangan KBRI Beijing pada sesi promosi TTI, memaparkan lebih lanjut potensi peningkatan kerja sama kedua negara khususnya di bidang ekonomi.

ASEAN merupakan mitra dagang terbesar Provinsi Shandong. Pada tahun 2020, impor dan ekspor Provinsi Shandong ke ASEAN mencapai nilai RMB 30,68 miliar (USD 4.79 miliar), meningkat 24,4 persen,  atau menyumbang 13,7 persen dari total nilai ekspor dan impor provinsi Shandong pada tahun 2020. Kerja sama Provinsi Shandong dengan Indonesia telah dimulai sejak tahun 2002 pada saat kunjungan Pemerintah Provinsi Jawa Timur ke Shandong.

Delegasi ASEAN kemudian mengunjungi ASEAN International Eco-City Exhibition Centre yang berada di Qihe County, Kota Dezhou, Provinsi Shandong. Pemerintah Kota Dezhou berharap kerja sama dengan ASEAN dapat membuka kesempatan lebih besar untuk pasar ASEAN di wilayah timur Tiongkok dan sebaliknya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA