Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kepada Petinggi Uni Eropa, Menlu Retno Minta Kelapa Sawit Indonesia Diperlakukan Adil

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Rabu, 02 Juni 2021, 12:34 WIB
Kepada Petinggi Uni Eropa, Menlu Retno Minta Kelapa Sawit Indonesia Diperlakukan Adil
Menteri Luar Negeri Retno Marsudi/Net
rmol news logo Isu kelapa sawit menjadi salah satu agenda yang dibahas oleh Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dan Perwakilan Tinggi untuk Kebijakan Luar Negeri dan Keamanan Uni Eropa Josep Borrell.

Kepada Borrell, Retno mendesak agar Uni Eropa memperlakukan kelapa sawit Indonesia diperlakukan secara adil.

"Permintaan Indonesia sederhana, agar kelapa sawit Indonesia diperlakukan secara fair," ujar Retno saat memberikan pernyataan bersama dengan Borrell secara virtual pada Rabu (2/6).

Lebih lanjut, Retno menegaskan, pemerintah Indonesia secara serius berkomitmen untuk menghasilkan kelapa sawit secara berkelanjutan dan terus memperkuat Indonesia Sustainable Palm Oil (ISPO).

"Kita juga bertukar pikiran mengenai komitmen Indonesia dalam mengurangi emisi. Pembangunan hijau dan berkelanjutan merupakan prioritas Indonesia," lanjut Retno.

Retno mengatakan, Indonesia memberikan dukungan penuh bagi suksesnya pelaksanaan COP-26 di Glasgow, Skotlandia. Indonesia juga berharap agar pertemuan tersebut memberikan ruang bagi pembangunan berkelanjutan di negara berkembang.

Ke depannya, ia melanjutkan, Indonesia mengharapkan dukungan Uni Eropa untuk membentuk Innovative Financing For Green Infrastructure di Indonesia, mengembangkan biofuel dan electric mobility, pembiayaan proyek-proyek infrastruktur berbasis lingkungan, dan mengembangkan pengolahan biji nikel baterai lithium. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA