Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Bisa Go Internasional, Sandi Dorong Pengembangan Ekonomi Parekraf Bidang Pertanian Di Desa Pujon Kidul

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-kiflan-wakik-1'>AHMAD KIFLAN WAKIK</a>
LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Sabtu, 22 Mei 2021, 19:50 WIB
Bisa <i>Go Internasional</i>, Sandi Dorong Pengembangan Ekonomi Parekraf Bidang Pertanian Di Desa Pujon Kidul
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno saat mengunjungi Desa Wisata Pujon Kidul, Malang, Jawa Timur, Sabtu, 22 Mei/Repro
rmol news logo Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno menjanjikan bakal mendukung penuh pengembangan desa wisata sebagai salah satu bentuk kegiatan ekonomi kreatif saat ini.

Salah satunya, dicontohkan Sandi, adalah keberhasilan dari Desa Wisata Pujon Kidul, Malang, Jawa Timur yang berhasil meningkatkan penghasilan tahunan desa hingga 100 kali lipat.

Hal tersebut dikatakan Sandiaga disela kunjungannya ke Kabupaten Malang, Jawa Timur pada Sabtu, (22/5)

Dalam kunjungan itu, Sandi didampingi oleh tokoh publik asal Jawa Timur, seperti Denny Caknan; Bupati Malang, Sanusi dan Kepala Desa Pujon Kidul Udi Hartoko, dan mengecek langsung kegiatan di desa itu.

"Sesuai dengan semangat kita untuk membangkitkan desa-desa ini pertama agar ekonomi kita pulih," kata Sandi.

Sandi melihat langsung bagaimana wilayah persawahan seluas satu hektare di desa itu telah disulap dan bisa menghasilkan keuntungan pertahun hingga Rp 1,2 miliar. Padahal, sebelumnya sawah di sana hanya memberikan keuntungan kepada warga sekitar sebesar Rp 10 juta pertahun.

Selain itu, Sandi juga melihat banyak potensi lainnya di bidang pertanian yang bisa dikembangkan sebagai sumber ekonomi di desa tersebut, sehingga dampaknya yang berupa keuntungan bisa dirasakan warga setempat.

"Jadi ada beberapa jenis tanaman yang bisa menembus pasar ekspor sampai ke Jepang. Nilai tambahnya juga peningkatannya luar biasa," kata mantan Ketua Himpunan Pengusaha Muslim Indonesia (Hipmi) ini.

"Harapan kita, pariwisata bisa menggerakkan ekonomi kita, membangkitkan semangat dan membuka lapangan kerja seluas-luasnya," sambungnya.

Sandi juga menerangkan bahwa kegiatan-kegiatan ekonomi kreatif tersebut dapat membuka kesempatan kerja yang lebih luas bagi masyarakat di tengah pandemi Covid-19 saat ini.

"Ini yang saya ingin berikan pendekatan ekonomi berkeadilan yang berpihak kepada masyarakat perdesaan," tuturnya.

Dalam kesempatan yang sama, Bupati Malang, Sanusi, mengapresiasi langkah Kementerian Parekraf dalam menggerakkan roda perekonomian kreatif masyarakat perdesaan.

Dia mengakui bahwa manfaat itu dapat dirasakan secara langsung dengan meningkatnya pendapatan masyarakar sekitar di kala pandemi memberikan dampak bagi kehidupan warga setempat.

"Kita gerakkan ekonomi kreatif dengan meningkatkan potensi yang ada dari padi yang delapan ton sekarang sudah bisa 15 ton," ucap dia.

Kunjungan Sandiaga kali ini merupakan program Kemenparekraf yang tengah menginisiasi program Anugerah Desa Wisata 2021.

Program ini ditujukan untuk menstimulus 57.000 desa di seluruh Indonesia yang memiliki daya tarik wisata agar tergerak mendaftarkan desanya ke dalam program tersebut.

Dengan begitu, Kementerian Parekraf berharap promosi perekonomian kreatif dapat semakin memotivasi desa-desa dalam mengembangkan inovasi. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA