Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Airlangga Gandeng Kampus Dan Alumni UIN Jakarta Memajukan Perekonomian Nasional

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-satryo-1'>AHMAD SATRYO</a>
LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Sabtu, 22 Mei 2021, 19:17 WIB
Airlangga Gandeng Kampus Dan Alumni UIN Jakarta Memajukan Perekonomian Nasional
Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto/Repro
rmol news logo Implementasi visi pembangunan ekonomi negara diupayakan pemerintah untuk dilakukan bersama dengan civitas academica di berbagai kampus di Indonesia.

Selaku pejabat pelaksana kebijakan ekonomi di pemerintahan Presiden Joko Widodo, Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, menggandeng pihak kampus serta seluruh alumni Universitas Islan Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta, untuk mendukung kemajuan ekonomi nasional.

Hal itu disampaikan pada acara Pelantikan Pengurus Ikatan Alumni UIN (IKALUIN) Jakarta dan Webinar Kebangkitan Nasional yang digelar secara luring dan daring, di Auditorium Harun Nasution, UIN Jakarta, Tangerang Selatan, Sabtu (22/5).

"Peran pendidikan tinggi sebagai pusat peningkatan kualitas SDM menjadi penting. Dan disinilah fungsi dari UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dan IKALUIN sebagai komunitas intelektual," ujar Airlangga yang dikutip melalui keterangan tertulis yang diterima redaksi.

"Dan diharapkan selalu memberikan sumbangsih untuk menyiapkan para profesional dalam spektrum keahlian yang luas. Terutama mendukung dan mendorong kemajuan ekonomi nasional", sambungnya.

Disamping itu, Airlangga juga memandang dalam peringatan Hari Kebangkitan Nasional tahun ini Indonesia bisa keluar dari ketertinggalan dan keterbelakangan ekonomi yang ada.

"Tanggal 20 Mei lalu kita memperingati hari kebangkitan nasional untuk meneladani semangat para pendahulu kita, untuk mewujudkan negara yang mandiri, lepas dari penjajahan, untuk menyejahterakan rakyat", jelasnya

Oleh karena itu, Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) ini mengajak dalam momentum peringatan Hari Kebangkitan Nasional tahun ini untuk berperan aktif dalam pembangunan nasional.

Dia berharap seluruh bangsa bisa ikut mewujudkan bangsa yang merdeka dari ketergantungan negara-negara lain, merdeka dari kebodohan, merdeka dari kemiskinan dan merdeka dari cara-cara birokratis yang menghambat pertumbuhan ekonomi nasional.

"Dan tidak lupa kita juga berupaya segera dapat merdeka dari pandemi Covid-19 serta membuat ekonomi kita mandiri," imbuhnya.

Lebih lanjut, Airlangga juga tak lupa mengucapkan selamat atas pelantikan pengurus IKALUIN dan terselenggaranya Webinar dengan tema Kebangkitan Nasional ini.

"Akhir kata dalam kesempatan ini saya mengucapkan selamat atas dilantiknya pengurus IKALUIN 2021-2024. Selamat atas terselenggaranya acara ini dan selamat pada Bapak Ace selaku Ketum IKALUIN," paparnya.

"Dan semoga kegiatan ini memberikan manfaat sebesar-besarnya bagi umat dan bangsa sesuai motto UIN, Knowledge, Piety and Integrity," pungkas Airlangga.


Dalam acara pembukaan webinar ini, Ketum IKALUIN, Ace Hasan Syadzily menyampaikan bahwa di tengah pandemi Covid-19 semua negara dalam posisi yang sama. Ia meyakini bahwa Hari Kebangkitan Nasional ini menjadi momentum kebangkitan menghadapi pandemi.

"Tidak ada negara maju, tidak ada negara berkembangan, semua dalam posisi yang sama. Jadi semua pada posisi yang sama untuk start," katanya.

"Momentum Hari Kebangkitan Nasional ini akan menjadi momentum kebangkitan bangsa kita. Dan dari UIN inilah kita membangun bangsa Indonesia", demikian Ace Hasan Syadzili.

Turut hadir dalam acara ini Guru Besar Ekonomi Islam UIN Jakarta sekaligus Waketum IKALUIN Euis Amalia, Plt. Kepala Puslit PMB LIPI sekligus Waketum IKALUIN Ahmad Najib Burhani, Deputi Pengembangan Pemuda Kemenpora sekaligus Waketum IKALUIN, Asrorun Niam Soleh, dan Dirut Bank Banten Agus Sabaruddin. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA