Farah.ID
Farah.ID

Catat Kenaikan Layanan Data Selama Lebaran, Menkominfo: Masyarakat Sadar Ruang Digital Menjadi Pilihan Bersilaturahmi

LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Selasa, 18 Mei 2021, 01:23 WIB
Catat Kenaikan Layanan Data Selama Lebaran, Menkominfo: Masyarakat Sadar Ruang Digital Menjadi Pilihan Bersilaturahmi
Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Johnny G. Plate/Repro
Aktivitas digital selama masa perayaan Idul Fitri 1442 Hijriyah terpantau Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) mengalami kenaikan.

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Johnny G. Plate mengapresiasi seluruh pemangku kepentingan ekosistem di Indonesia yang mampu menyediakan layanan telekomunikasi selama Ramadan dan lebaran 2021 dengan baik.

“Ada lonjakan trafik layanan data, terjadi lonjakan trafik layanan data sampai dengan 39,7 petabyte atau tumbuh hampir 49 persen lebih besar dibandingkan Lebaran tahun lalu," ujar Johnny dalam acara silaturahmi virtual yang diselenggraakan di Kantor Kemenkominfo, Jakarta Pusat, Senin (17/5).

Menurut mantan Anggota DPR Fraksi Partai Nasdem ini, peningkatan layanan telekomunikasi pada lebaran tahun ini diharapkan bisa dipertahankan sebagai kanal komunikasi masyarakat di masa pandemi Covid-19n yang belum usai.

"Ini tentu semakin sadarnya masyarakat di mana pemanfaatan ruang digital menjadi pilihan yang utama kita bersilaturahmi,” imbuhnya.

Lebih lanjut, Johnny berharap ekosistem operator seluler penyelenggara teknologi digital, dan lembaga lainnya yang terkait, bisa mengembangkan pelayanannya secara maksimal.

“Saya tidak mendengar keluhan keluhan berarti ya dari masyarakat terkait dengan pemanfaatan bandwidth di infrastruktur digital nasional,” tandasnya.

“Kecuali yang terjadi di Papua, karena putusnya kabel bawah laut di utara Jayapura dalam di kedalaman lebih dari 4.000 meter yang saat ini sedang dilakukan pemulihan transmisi data dari Indonesia Barat menuju Indonesia Timur demikian sebaliknya,” demikian Johnny G. Plate.
EDITOR: AHMAD SATRYO

ARTIKEL LAINNYA