Farah.ID
Farah.ID

Erick Thohir: Menggunakan QRIS, Berwaqaf Jadi Sangat Mudah

LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Jumat, 07 Mei 2021, 11:09 WIB
Erick Thohir: Menggunakan QRIS, Berwaqaf Jadi Sangat Mudah
Menteri BUMN sekaligus Ketua Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) Erick Thohir/Repro
Ketua Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) Erick Thohir mengajak masyarakat untuk berwaqaf dan membantu menyebarkan praktik perwaqafan di tanah air.

Dalam Webinar Nasional Waqaf yang diselenggarakan oleh Bank Indonesia pada Jumat (7/5), Erick mengatakan berwaqaf saat ini sangatlah mudah.

"Berwaqaf saat ini sangat mudah. Saya langsung dapat berwaqaf dengan QRIS (Quick Response Indonesian Standard) yang sudah tersedia," ujar Menteri BUMN itu.  

"Pada kesempatan ini, saya mengajak seluruh peserta terutama anggota anggota MES untuk turut serta membantu praktik perwaqafan di tanah air," tambahnya.

Sementara itu, dalam kesempatan yang sama, Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo mengatakan digitalisasi merupakan salah satu langkah untuk mendorong waqaf produktif, di samping dapat mempermudah literasi mengenai perwaqafan.

Beberapa langkah yang diperlukan untuk mendorong waqaf produktif adalah merancang proyek produktif berbasis waqaf, kemampuan mendesain pembiayaan dari sisi keuangan, dan kesesuaian terhadap syariah, baik fikih maupun akadnya.

ARTIKEL LAINNYA