Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Ekonomi Membaik, Teten Masduki: Program Bantuan UMKM Cukup Tepat

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Kamis, 06 Mei 2021, 16:33 WIB
Ekonomi Membaik, Teten Masduki: Program Bantuan UMKM Cukup Tepat
Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Teten Masduki/Net
rmol news logo Pertumbuhan ekonomi nasional mulai mengalami perbaikan, salah satunya merupakan hasil kontribusi dari bantuan pemerintah untuk Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM).
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Pada kuartal pertama 2021, pertumbuhan ekonomi nasional mencatatkan -0,74 persen, lebih baik dari -2,19 persen yang pada kuartal keempat 2020.

Untuk membantu UMKM menghadapi pandemi, pemerintah sendiri telah membuat program Banpres Produktif Usaha Mikro (BPUM) atau BLT UMKM atau

"Program pemerintah tersebut terbukti cukup tepat untuk menjaga UMKM bisa bertahan dan survive dari pandemi," ujar Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Teten Masduki dalam webinar Infobank pada Kamis (6/5).

Teten mengatakan, pertumbuhan ekonomi ditopang oleh belanja pemerintah dan konsumsi di rumah tangga yang semakin membaik.

"Program seperti Banpres Produktif dan subsidi bunga pun ikut berkontribusi pada pemulihan... Banpres Produktif mendapat respon positif dari penerima program," tambahnya.

Berdasarkan survei dari Tim nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K), sebesar 88,5 persen penggunaan dana Banpres Produktif digunakan untuk membeli bahan baku, sementara 23,4 persen digunakan untuk pembelian alat produksi.

Program BPUM juga berkontribusi untuk menyerap tenaga kerja. Lantaran angka pengangguran terbuka mulai turun, dari 7,07 persen pada Agustus 2020 menjadi 6,26 persen pada Februari 2021. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA