Dimensy.id
Apollo Solar Panel

IDX-MES BUMN 17 Hadir Untuk Para Kolektor Saham Syariah BUMN

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Selasa, 04 Mei 2021, 11:55 WIB
IDX-MES BUMN 17 Hadir Untuk Para Kolektor Saham Syariah BUMN
Ilustrasi/Net
rmol news logo Bursa Efek Indonesia (BEI), bekerja sama dengan Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) telah meluncurkan indeks baru, IDX-MES BUMN 17.

Diluncurkan tepat pada 17 Ramadhan lalu, IDX-MES BUMN 17 merupakan indikator kinerja 17 saham BUMN yang masuk ke dalam kategori syariah.

Kepala Divisi Pasar Modal Syariah BEI Irwan Abdalloh mengungkap, IDX-MES BUMN 17 merupakan hasil kerja sama erat antara BEI dan MES sejak 2011.

Indeks tersebut digagas karena banyak kelompok investor MES yang gemar mengoleksi saham BUMN. Terlebih Ketua MES saat ini dipegang oleh Erick Thohir, Menteri BUMN.

"Ini sebenarnya kita siapkan untuk para investor yang memang kolektor atau portofolionya banyak di saham-saham BUMN," ujar Irwan dalam diskusi di Radio Smart FM, Selasa (4/5).

Irwan menjelaskan 17 saham syariah BUMN yang tergabung dalam IDX-MES BUMN 17 terus berubah karena dievaluasi setiap enam bulan sekali, pada bulan Mei dan November.

Terdapat dua kriteria yang harus dipenuhi oleh 17 saham syariah BUMN untuk masuk ke dalam indeks.

"Pertama kriteria syariah. Ini mengikuti apa yang dikeluarkan OJK (Otoritas Jasa Keuangan) melalui yang disebut Daftar Efek Syariah... Kalau misalnya menurut OJK sahamnya keluar dari syariah, maka dikeluarkan," jelasnya.

Selain itu, kriteria lainnya adalah standar yang dibuat oleh BEI dan MES, meliputi likuiditas yang baik, kapitalisasi pasar besar, hingga fundamental perusahaan yang baik.

"Kita pilih saham-saham BUMN syariah yang secara kinerjanya OK," tutupnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA