Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Upaya Mendorong Pertumbuhan Ekonomi RI, Sandi Harap Vaksinasi Bisa Diikuti Seluruh Pelaku Usaha Sektor Pariwisata

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-satryo-1'>AHMAD SATRYO</a>
LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Senin, 19 April 2021, 21:50 WIB
Upaya Mendorong Pertumbuhan Ekonomi RI, Sandi Harap Vaksinasi Bisa Diikuti Seluruh Pelaku Usaha Sektor Pariwisata
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiga Salahuddin Uno dalam jumpa pers usai meninjau vaksinasi untuk seniman dan budayawan di Galeri Nasional Indonesia, Jakarta Pusat, Senin, 19 April/Repro
rmol news logo Pemulihan ekonomi Indonesia di masa pandemi Covid-19 menjadi target pemerintah yang juga akan didorong oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiga Salahuddin Uno mengatakan, pihaknya mengajak seluruh pelaku usaha ekonomi kreatif mendorong pertumbuhan ekonomi RI lewat vaksinasi Covid-19.

Katanya, di dalam sub sektor ekonomi kreatif ada 17 sub sektor bidang usaha dengan total sekitar 18 sampai 20 juta pelaku usaha. Di mana, paling banyak ada di tiga sub sektor, yaitu kuliner, fashion dan kriya.

"Itu yang mendominasi (sub sektor kuliner, fashion dan kriya). Tapi kita juga punya perfilman, musik, animasi, sampai ke sub sektor penerbitan," ujar Sandiaga saat meninjau vaksinasi untuk seniman dan budayawan di Galeri Nasional Indonesia, Jakarta Pusat, Senin (19/4).

Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta ini mengatakan, sektor ekonomi kretif yang menjadi salah satu penyumbang terbesar PDB Indonesia harus diupayakan untuk pulih.

Bahkan katanya, sektor ekonomi kreatif di Indonesia juga menjadi penyumbang terbesar ketiga di dunia, berada di bawah Amerika Serikat dan Korea Selatan.

Sehingga, Sandiaga menyatakan bahwa salah satu upaya mengembalikan sumbangsih sektor ekonomi kreatif yang sebesar Rp 1.100 triliun bisa dipertahankan dengan menggiatkan vaksinasi untuk pelaku usaha di sektor ini.

"Harapannya memang kita akan semangat, termotivasi bahwa sektor ini kita harus sama-sama berjuang melawan pandemi, dan dengan penekanan pada vaksinasi juga 3M yang kemarin kita perjuangkan bersama. Dan 3T kita bisa menekan angka penularan Covid-19 ini," tuturnya.

"Dan jika angka Covid ini terkendali, kita bisa pulih kembali. Maka sektor ekonomi kreatif bisa pulih dan bangkit kembali. Ini yang kita harapkan," demikian Sandiaga Salahuddin Uno. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA