Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pemerintah Bakal Gelontorkan Rp 17 Triliun Untuk Koneksi Internet Di Seluruh Indonesia

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-satryo-1'>AHMAD SATRYO</a>
LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Senin, 05 April 2021, 19:20 WIB
Pemerintah Bakal Gelontorkan Rp 17 Triliun Untuk Koneksi Internet Di Seluruh Indonesia
Ilustrasi koneksi internet di daerah/Net
rmol news logo Penyediaan jaringan koneksi internet untuk masyarakat di seluruh wilayah Indonesia telah dialokasikan di dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) tahun 2021.

Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati menyebutkan, besaran anggaran yang dipatok di dalam APBN untk keperluan koneksi internet ini mencapai Rp 17 triliun.

"Ini (alokasi anggaran koneksi internet) satu bagian dari rencana lima tahun dalam rangka menjangkau seluruh daerah di Indonesia supaya bisa terkoneksi internet," ujar Sri Mulyani dalam diskusi virtual, Senin (5/4).

Anggaran sebesara it, lanjut Sri Mulyani, akan membiayai 9.113 desa di daerah tertinggal, terdepan dan terluar (3T), untuk bisa tersedia koneksi interent.

Selain itu, pemerintah juga menargetkan sebanyak 93.900 sekolah dan pesantren, 3.700 puskesmas, 6.000 polsek dan koramil, serta 47.900 desa dan kecamatan juga bisa diberikan koneksi internet.

Maka dari itu, Sri Mulyani juga akan mengalokasikan dana transfer ke daerah untuk program penyediaan koneksi internet ini sebesar Rp 9 triliun.

"Itu (penyediaan koneksi internet) butuh anggaran belanja sangat besar, baik belanja melalui K/L (kementerian/lembaga) hingga transfer ke daerah," demikia Sri Mulyani. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA