Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Catat! Segini Kenaikan Plafon KUR Tanpa Agunan Dan Kredit UMKM Yang Diminta Jokowi

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-satryo-1'>AHMAD SATRYO</a>
LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Senin, 05 April 2021, 16:08 WIB
Catat<i>!</i> Segini Kenaikan Plafon KUR Tanpa Agunan Dan Kredit UMKM Yang Diminta Jokowi
Presiden Joko Widodo/Net
rmol news logo Batas tertinggi (plafon) kredit usaha rakyat (KUR) dan kredit Usaha Mikro, Kecil dan Menangah (UMKM) akan dinaikan oleh pemerintah.

Dalam rapat terbatas pagi tadi, Presiden Joko Widodo telah memeritahkan Kementerian Koordinator bidang Perekonomian untuk mengimplementasikan hal tersebut.

Menteri Koordinator bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto menjelaskan, Jokowi dalam ratas tadi telah memberikan arahan agar KUR tanpa jaminan yang selama ini angkanya antara di bawah Rp 50 juta ditingkatkan plafonnya menjadi Rp 100 juta.

"Jadi yang tanpa agunan plafonnya dinaikan dari Rp 50 juta menjadi Rp 100 juta," ujar Airlangga Hartarto dalam jumpa pers virtual usai Ratas di Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, yang disiarkan kanal Youtube Sekretariat Presiden, Senin (5/4).

Selain itu, untuk kredit UMKM yang sebelumnya angkanya berada dikisaran Rp 500 juta hingga batas atasnya RP 10 miliar juga ikut ditingkatkan dua kali lipat.


"Karena sebagian besar daripada KUR ini, kredit UMKM, yang di bawah Rp 10 miliar ini yang berbasis KUR 6 juta, dan sisanya tentu UMKM yang jumlahnya lebih dari 60 juta," katanya.

"Oleh karena itu, KUR yang besarannya antara Rp 500 juta sampai Rp 10 miliar ini arahan Bapak Presiden (Jokowi) ditingkatkan dari Rp 500 juta menjadi Rp 20 miliar," demikian Airlangga Hartarto menambahkan. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA