Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Rencana Ekspor Mangga China Ke Jepang, Ancaman Baru Penjualan Buah Taiwan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Jumat, 02 April 2021, 08:19 WIB
Rencana Ekspor Mangga China Ke Jepang, Ancaman Baru Penjualan Buah Taiwan
Mangga Taiwan diperkirakan akan tergeser dengan mangga China di Jepang/net
rmol news logo Pemerintah China dilaporkan akan mulai mengekspor mangga mereka ke Jepang, sebuah langkah yang akan menjadi tantangan baru bagi Taiwan yang baru-baru ini dipukul oleh larangan impor nanas oleh Beijing.

Liberty Times melaporkan, nampaknya China akan mencoba menyaingi penjualan mangga asal Taiwan di Jepang.

Varietas mangga China memang dikenal murah, tetapi sejumlah pedagang buah tidak yakin apakah harga murah tersebut akan diterapkan juga di Jepang untuk merusak kesuksesan mangga Taiwan yang harganya lebih tinggi, menurut laporan tersebut.

Ada juga keraguan tentang asal muasal mangga China, dengan satu teori menyiratkan bahwa mangga itu sama dengan varietas mangga yang ditanam oleh seorang pengusaha Taiwan di Pulau Hainan.

Council of Agriculture (COA) dilaporkan telah menghubungi pemerintah Jepang tentang mangga China, tetapi enggan menjawab karena masalah tersebut melibatkan pembicaraan perdagangan antara Jepang dan China.

"Masih terlalu dini untuk mengatakan apakah mangga China, jika mereka memasuki pasar Jepang pada bulan Juni, akan menjadi ancaman bagi buah Taiwan," kata pejabat COA, seperti dikutip dari Taiwan News, Jumat (2/4).

Larangan nanas pada 1 Maret dipandang sebagai pukulan bermotif politik yang dilakikan oleh China kepada negara kepulauan itu, meskipun Beijing menuduh bahwa 'makhluk berbahaya' telah memenuhi beberapa bagian buah eksotis tersebut.

Namun, pukulan dari China tidak dapat melumpihkan kepopuleran buah tersebut karena segera mendapat respon baik dari konsumen lokal dan diekspor ke negara-negara lain, salah satunya Jepang. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA