Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Bertemu Penerima Kartu Prakerja, Cerita Jokowi: Saya Dulu Juga Memulai Dari Nol

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-satryo-1'>AHMAD SATRYO</a>
LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Rabu, 17 Maret 2021, 16:22 WIB
Bertemu Penerima Kartu Prakerja, Cerita Jokowi: Saya Dulu Juga Memulai Dari Nol
Presiden Joko Widodo dalam acara Pengarahan Presiden kepada Penerima Kartu Prakerja tahun 2020-2021, di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Rabu (17/3)/Repro
rmol news logo Para penerima program Kartu Prakerja mendapat pengarahan dari Presiden Joko Widodo terkait dengan kewirausahaan.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Jokowi yang sebelum terjun ke dunia politik pernah menjadi penguasaha. Dia membagikan pengalamannya merintis usaha yang menurutnya tidak semudah seperti sekarang ini.

Mantan Wali Kota Solo ini mengatakan, setiap orang atau bahkan anak-anak muda yang ingin memulai usaha sudah dimudahkan dengan adanya digital, apalagi ditambah dengan program Kartu Prakerja yang dicanangkannya pada 2019 lalu.

"Saya memulai usaha dulu dari nol juga. Dimulai dari ikut pelatihan," kata Jokowi dalam acara Pengarahan Presiden kepada Penerima Kartu Prakerja tahun 2020-2021, di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Rabu (17/3).

"Ikut pelatihan dulu seminggu, tapi kalau ini kan sekarang sudah zamannya zaman digital. Seperti ini (program Kartu Prakerja), bapak ibu bisa belajar online. Itu akan lebih mempercepat," sambungnya.

Dari laporan Menteri Koordinator bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, Jokowi mendapat informasi bahwa peminat program Kartu Prakerja mengalami kenaikan pada setiap gelombangnya.

"Bahwa yang mendaftar di kartu Prakerja ini kurang lebih 55 juta tetapi yang ikut di tahun 2020  5,6 juta dan tahun ini baru 1,8 juta orang. Artinya peminatnya sangat banyak sekali. Artinya apa? Memang belum tertampung semuanya," paparnya.

Untuk itu, Jokowi berharap program Kartu Prakerja bisa dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya oleh masayarakat. Karena, disamping menyediakan kuota yang cukup banyak, program ini juga menyediakan 1.700 model pelatihan.

Berdasarkan hasil pengamatannya, Jokowi melihat lima model pelatihan yang paling diminati oleh sasaran penerima Kartu Prakerja. Yakni seperti pemasaran online yang katanya banyak dibutuhkan industri perbankan dan wirausaha.

Selain itu ada pelatihan food and beverage atau makanan dan minuman, informasi teknologi (IT), perkantoran, dan kewirausahaan atau enterpreunership.

"Kurang lebih 1.700 pelatihan, 1.700 macam pelatihan yang disiapkan oleh 165 lembaga pelatihan. Jumlah yang banyak. Kemudian peserta secara bebas dipersilahkan untuk memilih mana yang dipilih sesuai dengan minat dan mungkin talenta yang dimiliki," demikian Joko Widodo menambahkan. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA