Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kutip Hasil Survei BPS, Menko Perekonomian: Kartu Prakerja Berhasil Menjalankan Misi Ganda

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-satryo-1'>AHMAD SATRYO</a>
LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Rabu, 17 Maret 2021, 15:53 WIB
Kutip Hasil Survei BPS, Menko Perekonomian: Kartu Prakerja Berhasil Menjalankan Misi Ganda
Menteri Koordinator bidang Perekonomian, Airlangga Hatarto/Repro
rmol news logo Tujuan dijalankannya program Kartu Prakerja di masa pandemi Covid-19 berupa peningakatan keahlian (skil) masayarakat utuk berwirausaha dan subsidi ekonomi berhasil dicapai oleh pemerintah.

Menteri Koordinator bidang Perekonomian, Airlangga Hatarto mengutip hasil survei Badan Pusat Statistik (BPS) terkait kesuksesan Kartu Prakerja yang dinilai dari dua tujuannya tersebut.

"Survei dari BPS 2020 menunjukan bahwa kartu prakerja berhasil menjalankan misi ganda," ujar Airlangga Hartarto dalam acara Pengarahan Presiden kepada Penerima Kartu Prakerja tahun 2020-2021, di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Rabu (17/3).

Program yang digagas Presiden Joko Widodo pada 2019 dan mulai dijalankan pada April 2020 ini, kata Airlangga, mendapat tingkat kepuasaan yang cukup tinggi dalam survei BPS, baik yang terkait dengan peningkatan keterampilan maupun pemberian insentif kepada masyarakat penerima.

"Sebagai semi bansos ada sebanyak 88,9 penerima menyatakan keterampilan mereka meningkat, dan 81 persen menyatakan insentif untuk kebutuhan sehari-hari," paparnya.

Dalam acara yang dihadiri Presiden Joko Widodo ini, Airlangga mengajak sejumlah penerima Kartu Prakerja yang sudah selesai mengikuti pelatihan dan saat ini tengah merintis usaha.

Mantan Menteri Perindustrian ini bakan menunjukkan, para alumus Kartu Prakerja tetap difasilitasi oleh pemerintah dengan diberikan fasilitas Kredit Usaha Rakyat (KUR).

"Para wirausaha alumni yang difasilitasi mendapatkan modal usaha, dan ini akan dilanjutkan dengan KUR mikro dan juga KUR reguler. Dan terus bisa dimonitor, karena datanya dimiliki," demikian Airlangga Hartarto menambahkan. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA