Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Bukukan Laba Bersih Rp 1,7 Triliun Di 2020, bank bjb Konsisten Tumbuh Positif

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/yelas-kaparino-1'>YELAS KAPARINO</a>
LAPORAN: YELAS KAPARINO
  • Selasa, 16 Maret 2021, 15:35 WIB
Bukukan Laba Bersih Rp 1,7 Triliun Di 2020, bank bjb Konsisten Tumbuh Positif
Analist Meeting FY-2020 bank bjb./RMOL
rmol news logo bank bjb berhasil mencatat pencapaian bisnis positif sepanjang tahun 2020. Meski di tengah krisis pandemi Covid-19, bank kebanggaan provinsi Jawa Barat ini mampu menjaga pertumbuhan bisnisnya.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Tren positif itu tercermin pada sejumlah indikator kunci kinerja tahun 2020. Secara konsolidasi, perolehan laba bank bjb mencapai Rp1,7 triliun atau tumbuh 8% secara year-on-year (y-o-y). Nilai aset juga ikut tumbuh 14,1% y-o-y menjadi Rp140,9 triliun.

Sementara itu, sektor kredit yang menjadi profit driver mengalami pertumbuhan 9,1% y-o-y menjadi Rp95,2 triliun. Adapun dana pihak ketiga (DPK) juga  tumbuh di angka 19,1% secara tahunan sebesar Rp106,5 triliun.

Pertumbuhan ini berada di atas tingkat pertumbuhan baik industri perbankan nasional maupun kelompok Bank Pembangunan Daerah.

Bukan hanya itu, bank bjb juga berhasil menekan rasio kredit macet, dengan tingkat non performing loan (NPL) yang terjaga sangat baik di level 1,4% atau turun 18 basis poin. Angka ini bertahan di bawah rata-rata NPL industri perbankan nasional yang per Desember 2020 berada di level 3,06%.

Direktur Utama bank bjb Yuddy Renaldi mengatakan, capaian positif itu berkat bisnis model bank yang resilient dan kemampuan adaptasi perusahaan yang agile sehingga kinerja perseroan senantiasa berada di dalam jalur yang sesuai harapan.

"Tahun 2020 adalah momen yang penuh dengan tantangan. Krisis kesehatan dan ekonomi memberikan tekanan yang sangat besar kepada industri perbankan nasional. Didorong oleh kekompakan dan kesungguhan kinerja seluruh insan perusahaan, bank bjb berhasil melewati 'tes tahan uji' ini dengan hasil yang menggembirakan," kata Yuddy dalam keterangan yang diterima redaksi, Selasa (15/3).

Yuddy menuturkan, berbagai inovasi teknologi juga dilakukan guna merespon kebutuhan pasar sekaligus memberikan kemudahan kepada nasabah di era yang serba cepat.  Sepanjang tahun 2020 hingga saat ini, bank bjb berhasil menelurkan sejumlah inovasi layanan digital perbankan yang memberikan kemudahan kepada nasabah dalam mengakses layanan bank bjb.

Beberapa hasil inovasi tersebut antara lain, penerbitan uang elektronik bjb DigiCash yang kehadirannya disambut positif terutama oleh konsumen anak muda. Selain itu,  platform mobile banking bjb Digi kini telah dapat melayani proses pengajuan kredit perbankan.

bank bjb juga telah merilis aplikasi bjb Mesra untuk pengajuan Kredit Mesra (Masyarakat Ekonomi Sejahtera); dan  aplikasi bjb Laku (Layanan Akses kredit UMKM) untuk semua jenis pinjaman usaha.

Di luar layanan produk perbankan, terobosan juga dilakukan bank bjb berupa penerapan sistem lelang E-Procurement dan adopsi teknologi QR Code Indonesian Standard (QRIS) Payment. Perusahaan juga membuat platform bjb DiSentra (Digital Sistem Edukasi dan Interaksi) sebagai wadah interaksi, konsultasi, edukasi, serta pemasaran jual beli produk UMKM binaan bank bjb secara digital.

Yuddy menambahkan, infrastruktur digital memang menjadi salah satu fokus perseroan yang akan terus dioptimalisasi. Perbaikan demi perbaikan ini juga bertujuan guna meningkatkan akses masyarakat terhadap produk dan jasa perbankan melalui inklusi keuangan yang akan mendorong pertumbuhan ekonomi.

bank bjb akan terus menjaga ritme kinerja menghadapi tahun pemulihan ekonomi 2021 ini. Selaras dengan itu, inovasi khususnya di sektor digitalisasi akan terus dijalankan untuk mendukung langkah bisnis perseroan. bank bjb juga akan terus menginvestasikan capital expenditure (capex) dan operating expenditure (opex) untuk pengambangan teknologi perbankan demi mempersiapkan diri menghadapi tantangan bisnis yang akan datang.

"Peningkatan positif ini diharapkan berlangsung terus-menerus sehingga bank bjb tetap eksis di masa yang akan datang. Target kita adalah pertumbuhan yang berkualitas dan berkelanjutan. Pencapaian bisnis tahunan ini akan menjadi rujukan dalam memperkaya strategi ekspansi jangka panjang perusahaan untuk terus berkembang menjadi lebih besar." ujar Yuddy.

Untuk menjaga permodalan khususnya Tier-1 rasio dalam mendukung ekspansi usaha, bank bjb akan mengajukan program penambahan modal melalui HMETD pada RUPS Tahunan Tahun Buku 2020 yang akan diselenggarakan tanggal 06 April 2021. Sebagaimana keterbukaan informasi yang telah dilakukan, bank bjb akan melakukan penerbitan sebanyak-banyaknya 925.000.000 (sembilan ratus dua puluh lima juta) saham Seri B baru atau sebesar 9,40% dari total jumlah saham yang ditempatkan dan disetor penuh dalam Perseroan. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA