Bu Sri Mulyani, Apakabar Cukai Plastik?

Ilustrasi./Net

Meski digembar-gemborkan sejak tahun lalu, bahwa cukai kantong plastik akan diterapkan mulai awal 2021, hingga saat ini belum ada kelanjutan rencana kebijakan itu.

Padahal, seharusnya, mulai awal tahun 2021, Kementerian Keuangan menerapkan cukai untuk kantong plastik sebesar Rp 30 ribu per kilogram atau Rp 200 per lembar. Bahkan, dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Badan Anggaran DPR RI, 11 September 2020 lalu, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dengan optimis menyatakan bahwa target penerimaan cukai dari kantong plastik untuk tahun 2021 sebesar Rp 1,5 Triliun.

Kantor Berita Politik RMOL mendapatkan informasi dari sumber di sebuah kementerian terkait bahwa hingga pekan pertama Maret 2021, draft Peraturan Pemerintah yang mengatur cukai kantong plastik saja bahkan belum disiapkan.

Lho, kok bisa? Menurut cerita sumber itu, kebijakan mengenai pengenaan cukai bagi kantong plastik yang telah disetujui oleh DPR itu masih mendapatkan tentangan dari asosiasi industri tertentu. Asosiasi tersebut juga meminta dukungan dari Kementerian Perindustrian agar ikut menyampaikan keberatan kepada Kemenkeu. Walhasil, langkah Kemenkeu dalam menerapkan cukai kantong plastik hingga saat ini masih jalan di tempat.

Ketidakjelasan terkait penerapan cukai plastik itu disayangkan oleh para pegiat lingkungan. Pius Wisnugraha dari komunitas "KAGAMA Cinta Sungai" mengatakan, kebijakan pemerintah untuk membatasi peredaran kantong plastik, seperti penerapan cukai, seharusnya dipriotaskan. Apalagi, sampah plastik saat ini dianggap sebagai salah satu ancaman terbesar bagi pelestarian alam dan lingkungan.

“Kebanyakan orang memakai kantong plastik untuk sekali pakai lalu dibuang. Padahal perlu waktu 100 hingga 150 tahun agar plastik dapat terurai,” kata alumnus Fakultas Filsafat Universitas Gajah Mada itu kepada Kantor Berita Politik RMOL, Rabu (10/3).

Meski kebijakan cukai dianggap baik, Pius menilai hal tersebut belum cukup untuk mengurangi peredaran kantong plastik. Ia menyatakan, berbagai kebijakan yang membatasi penggunaan kantong plastik hendaknya diimbangi dengan inovasi dari dunia usaha serta edukasi yang kontinyu kepada masyarakat.

Minimarket sebagai tempat perbelanjaan yang menjamur di semua wilayah di Indonesia, kata Pius, dapat menjadi pioner dalam inovasi pengelolaan kantong plastik dan edukasi agar masyarakat meninggalkan kebiasaan menggunakan kantong plastik.

“Minimarket harus dapat menyediakan layanan penukaran kantong plastik. Misalnya, sepuluh atau dua puluh kantong plastik jenis tertentu dapat ditukarkan dengan sebuah tas belanja ramah lingkungan,” lanjutnya.

Ia yakin, dengan adanya insentif semacam itu, masyarakat juga terdidik untuk tidak sembarangan dalam membuang sampah plastik. Mereka akan terdorong untuk menyimpan kantong-kantong plastik guna ditukarkan dengan kantong yang lebih baik.

Untuk merealisasikan gagasan tersebut, kata Pius, diperlukan sistem dukungan (support system) yang memadai dari pemerintah. Sebab, sebagian besar aktivitas pengumpulan sampah serta penyediaan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah merupakan domain pemerintah daerah. Dukungan peemrintah dalam hal pengangkutan sampah dari minimarket ke TPA mutlak diperlukan,

"Jika kita serius memerangi sampah plastik, semua pihak harus bersinergi dan kampanye pengurangan kantong plastik ini harus menjadi gerakan nasional yang masif," tandasnya.

Kolom Komentar


Video

Kok Jadi Kontroversial, Padahal Begini Test Wawasan Kebangsaan Pegawai KPK

Selasa, 11 Mei 2021
Video

Obrolan Bareng Bang Ruslan • Pemerintah Harusnya Jaga Perasaan Rakyat

Selasa, 11 Mei 2021

Artikel Lainnya

Airlangga Berharap Jajaran Partai Golkar Di Daerah Satu Suara Dengan Pemerintah Pusat, Dukung Pemulihan Ekonomi
Ekbis

Airlangga Berharap Jajaran P..

15 Mei 2021 05:23
Launching Aplikasi Hyppe, Wadah Konten Kreator Unjuk Bakat
Ekbis

Launching Aplikasi Hyppe, Wa..

12 Mei 2021 22:17
Pastikan Pelayanan Berjalan Baik, Direksi BRI Blusukan Ke Sejumlah Kantor Cabang
Ekbis

Pastikan Pelayanan Berjalan ..

12 Mei 2021 21:13
Libur Lebaran, bank bjb Imbau Nasabah Tingkatkan Kewaspadaan Dan Tetap Jaga Prokes
Ekbis

Libur Lebaran, bank bjb Imba..

12 Mei 2021 12:15
bjb 60versary, Promo Lucky Birthday Berhadiah Jutaan Rupiah
Ekbis

bjb 60versary, Promo Lucky B..

11 Mei 2021 23:13
AS-China Tegang, Tesla Batal Jadikan Shanghai Pusat Produksi Mobil Listrik Dunia
Ekbis

AS-China Tegang, Tesla Batal..

11 Mei 2021 15:50
Bahlil Janji Sulap Kawasan Lebak Menjadi Mirip KIT Batang
Ekbis

Bahlil Janji Sulap Kawasan L..

11 Mei 2021 03:56
Waspada! Inflasi Masih Akan Terjadi Di Bulan Mei Hingga Akhir Tahun, Ini Kata Core Soal Pemicunya
Ekbis

Waspada! Inflasi Masih Akan ..

11 Mei 2021 02:50