Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Roti Gambang Nostalgia, Melestarikan Camilan Tradisional Untuk Kaum Milenial

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Rabu, 10 Maret 2021, 11:52 WIB
Roti Gambang Nostalgia, Melestarikan Camilan Tradisional Untuk Kaum Milenial
Pengusaha Roti Gambang Nostalgia, Happy Natalia/Repro
rmol news logo Indonesia bukan hanya dikenal kaya akan alam dan budayanya, namun juga panganan, khususnya camilan tradisional. Sayangnya, di tengah perkembangan zaman, banyak camilan tradisional mulai punah.

Sekali dayung, dua tiga pulau terlampaui, Happy Natalia mulai mengembangkan usaha roti gambang. Bukan hanya bertujuan meraih pundi-pundi rupiah, namun juga melestarikan camilan tradisional Indonesia dan melanjutkan warisan keluarganya yang juga di bidang kuliner.

Berbicara dalam Jendela Usaha yang digelar oleh Kantor Berita Politik RMOL pada Rabu (10/3), Happy mengatakan, salah satu tujuannya membangun "Roti Gambang Nostalgia" merupakan untuk memperkenalkan camilan tradisional.

"Anak zaman sekarang, milenial, kan lebih kenal dengan burger, mozarela-mozarela dan makanan-makanan seperti itu," ujar Happy.

Untuk menarik minat kaum milenial, Happy mengatakan, ia terus berinovasi, baik dari segi produk hingga pengemasan. Misalnya dengan mengurangi kadar gula karena saat ini lebih banyak orang yang berusaha untuk hidup sehat. Termasuk dengan menambah delapan varian rasa.

"Saya mencoba berinovasi-inovasi terus, pasar maunya apa. Karena banyak orang sudah mengurangi gula, saya kurangi. Kalau kayu manis relatif," sambungnya.

Pengemasan produk yang menarik juga ia lakukan untuk tetap bertahan di tengah persaingan camilan modern yang digemari milenial.

Roti gambang sendiri merupakan camilan yang populer di kalangan Betawi dan Tionghoa pada masa kolonial Belanda. Disebut gambang karena memiliki bentuk seperti alat musik gambang.

Roti gambang memiliki tekstur yang padat dan kaya rempah-rempah, dengan topping wijen. Camilan ini sangat cocok dinikmati degan kopi atau teh tangat. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA