Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kampanye Cinta Produk Dalam Negeri, Indef: Ekspor Kita Rendah Dibanding Negara Tetangga

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/raiza-andini-1'>RAIZA ANDINI</a>
LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Selasa, 09 Maret 2021, 02:40 WIB
Kampanye Cinta Produk Dalam Negeri, Indef: Ekspor Kita Rendah Dibanding Negara Tetangga
Direktur Riset Indef, Berly Martawardaya/Net
rmol news logo Kampanye untuk mencintai produk dalam negeri yang digaungkan Presiden Joko Widodo diklaim sejalan dengan data pertumbuhan barang impor yang terbilang rendah.

Direktur Riset Indef, Berly Martawardaya menyampaikan, pertumbuhan barang impor yang masuk ke Indonesia jumlahnya masih sedikit jika dibandingkan dengan negara tetangga seperti Malaysia, Thailand, dan Vietnam.

Namun sayangnya, hal itu juga terjadi pada kegiatan ekspor di Indonesia. Dari data yang dimilikinya, kegiatan ekspor juga masih di bawah negara sahabat, terutama dalam bidang kendaraan dan elektronik.

“Kalau di Indonesia data ekspornya masih di bawah ekspor Thailand untuk produksi mobil,” ucap Berly dalam diskusi virtual Indef bertema 'Produk Asing: Benci tapi Rindu', Senin (8/3).

Berly mengurai, produksi bahan baku dan bahan modal di Indonesia cukup besar untuk pasaran domestik. Namun, untuk produk impor, mayoritas konsumen cenderung sedikit.

“Masih cukup banyak produksi di Indonesia yang disebabkan oleh konsumen Indonesia juga, sehingga kita bisa lihat ekonomi Indonesia relatif tertutup. Jadi, yang dibilang kita terlalu liberal itu datanya dari mana?” tanyanya.

Menurutnya, ekonomi Indonesia cenderung tertutup dari segi kegiatan impor dibandingkan negara lain seperti Korea yang 90 persen market impor. Demikian pula bila dibandingkan dengan Malaysia dan Thailand, serta Vietnam.

“Kalau data di sini, secara relatif perbandingan kita kecil. Relatif tertutup, kita lihat negara yang cukup maju dan meningkatkan kemakmuran rakyatnya, baik Vietnam, Malaysia, Thailand justru memiliki tingkat rasio rate to GDP yang cukup besar,” tandasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA