Dimensy.id
Apollo Solar Panel

China Targetkan PDB 2021 Tumbuh Melebihi 6 Persen

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Jumat, 05 Maret 2021, 11:29 WIB
China Targetkan PDB 2021 Tumbuh Melebihi 6 Persen
Perdana Menteri China, Li Keqiang/Net
rmol news logo China menargetkan produk domestik bruto (PDB) tahunannya untuk 2021 melebihi 6 persen. Angka tersebut merupakan bagian dari optimisme China untuk pemulihan ekonomi yang hancur akibat pandemi Covid-19.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Target itu diumumkan oleh Perdana Menteri Li Keqiang dalam presentasi laporan kerja tahunannya pada pembukaan pertemuan legislatif tertinggi, Jumat (5/3).

"Target lebih dari 6 persen akan memungkinkan kita semua mencurahkan energi penuh untuk mempromosikan reformasi, inovasi, dan pembangunan berkualitas tinggi," kata Li, seperti dikutip The Straits Times.

Tahun lalu, China tidak menetapkan target PDB untuk pertama kalinya sejak 1990. Namun PDB China tumbuh 2,3 persen, membuatnya menjadi satu-satunya kekuatan ekonomi dunia yang mencatat pertumbuhan positif di tengah hantaman pandemi.

Sebelumnya, pada 2019, Beijing menetapkan target PDB antara 6 hingga 6,5 persen dan terealisasi pada kisaran 6,1 persen.  

Para ekonom sendiri memperkirakan ekonomi China kan tumbuh antara 7 hingga 9 persen tahun ini. Lantaran China telah memulai dorongan agresif untuk mengembangan kemandirian teknologi dan meningkatkan konsumsi di dalam negeri.

Dalam kesempatan yang sama, Li juga mengungkap target lain yang akan dicapai pemerintah China, yaitu menciptakan lebih dari 11 juta pekerjaan perkotaan baru. Hasil survei menunjukkan tingkat pengangguran perkotaan di China mencpai 5,5 persen.

Selain itu, target pertumbuhan indeks harga konsumen (CPI) tahun ini sekitar 3 persen.

Li juga telah menetapkan sasaran defisit anggaran sebesar 3,2 persen dari PDB tahun ini, lebih rendah dari 3,6 persen tahun lalu.

China diperkirakan akan melampaui AS untuk menjadi ekonomi terbesar di dunia pada tahun 2028, lima tahun lebih awal dari proyeksi sebelumnya karena pandemi Covid-19. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA