Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Tips Membuat Baglog, Media Tanam Untuk Jamur Dari Serbuk Kayu

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Rabu, 03 Maret 2021, 12:55 WIB
Tips Membuat Baglog, Media Tanam Untuk Jamur Dari Serbuk Kayu
Baglog jamur/Instagram: @spesialis_jamur_pantura
rmol news logo Baglog merupakan media tanam untuk membudidaya jamur. Baglog terbuat dari serbuk kayu dan bahan-bahan lain yang dicampur dan dimasukkan ke dalam plastik, kemudian ditempatkan pada rak-rak.

Tidak cuma-cuma, butuh pengetahuan untuk membuat baglog. Salah satu bahan utama, serbuk kayu, perlu dipilih dengan baik.

"Kalau standar kan pakai serbuk kayu sengon laut. Karena di situ, menurut teman-teman akademisi banyak terkandung (zat kimia) yang dibutuhkan untuk pertumbuhan jamur," ujar pengusaha Jamur Nusa Indah Jamkid asal Pati, Mukrim.

Dalam diskusi virtual Jendela Usaha yang diselenggarkan Kantor Berita Politik RMOL pada Rabu (3/3), Muktim mengatakan, pada dasarnya semua kayu memiliki kandungan yang dibutuhkan jamur.

"Nah seberapa besar dan kecilnya saya belum tahu, tapi semua kayu lunak pasti bisa. Kayu keras (juga) bisa, hanya prosesnya sangat sulit," lanjut dia.

Pertama kali membuat baglog, Mukrim lakukan secara manual, termasuk proses sterilisasi. Ketika itu, ada 350 baglog yang dibuat Mukim. Untuk melakukan sterilisasi, ia menggunakan drum dengan kapasitas 120 baglog, sehingga proses harus diulang selama tiga kali.

Seiring dengan bertambahnya pengalaman dan modal, Mukrim mulai memproduksi ribuan. Saat ini saja, Mukrim memiliki kapasitas tempat untuk 20 ribu baglog.

Kendati begitu, ia mengaku tidak berani untuk menjual baglog ke luar Pulau Jawa lantaran risiko yang besar.

"Baglog itu dalam kendaraan ditutup rapat. Perjalanannya berapa hari harus diperhitungkan. Belum suhu panas itu bisa mematikan bibitnya," jelas dia.

Menurut Mukrim, tidak perlu lahan yang luas untuk memulai budidaya jamur. Lahan 3 x 3 meter saja sudah dapat menampung 1.000  baglog, sementara 10 x 10 meter dapat berisi 6.000 hingg 7.000 baglog. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA