Dimensy.id
Apollo Solar Panel

BPS: Pandemi Covid-19 Masih Bayang-bayangi Perekonomian Tanah Air

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/diki-trianto-1'>DIKI TRIANTO</a>
LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Senin, 01 Maret 2021, 14:43 WIB
BPS: Pandemi Covid-19 Masih Bayang-bayangi Perekonomian Tanah Air
Kepala Badan Pusat Statistik (BPS), Suhariyanto/Net
Inflasi Turun, Tanda Pandemi Covid-19 Masih Jadi Penghambat Ekonomi
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

RMOL. Penanganan pandemi Covid-19 masih menjadi kunci bagi kebangkitan ekonomi nasional.

Merujuk data Badan Pusat Statistik (BPS), terjadi pelambatan inflasi secara tahunan (yoy). Pada Februari 2021, tingkat inflasi tahunannya sebesar 1,38 persen, atau lebih lambat dibanding Januari 2021 sebesar 1,55 persen (yoy). Pun demikian bila dibandingkan Februari tahun 2020 yang tercatat sebesar 2,98 persen (yoy).

"Ini mengindikasikan sampai dengan akhir Februari 2021, dampak pandemi Covid-19 ini masih terus membayang-bayangi perekonomian, tidak hanya di Indonesia tetapi juga di berbagai negara," ujar Kepala BPS, Suhariyanto dalam konferensi persnya secara virtual, Senin (1/3).

Oleh karenanya, ia meminta kepada pemerintah untuk lebih menggalakan protokol kesehatan serta vaksinasi sebagai cara menahan laju penyebaran Covid-19.

Sebab, tingginya angka penyebaran Covid-19 telah menekan mobilitas warga yang berimbas pada lemahnya pergerakan ekonomi.

"Pandemi akan menyebabkan mobilitas berkurang, roda ekonomi bergerak lambat, sehingga berpengaruh ke pendapatan, dan pada akhirnya berpengaruh kepada lemahnya permintaan," demikian Suhariyanto. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA