On The Road of Devoted Service for the People
On The Road of Devoted Service for the People
Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Merujuk Ramalan Lembaga Keuangan Dunia, Jokowi Optimis Ekonomi RI Bangkit Di 2021

LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Jumat, 26 Februari 2021, 10:04 WIB
Merujuk Ramalan Lembaga Keuangan Dunia, Jokowi Optimis Ekonomi RI Bangkit Di 2021
Presiden Joko Widodo/Repro
Satu tahun penanganan pandemi Covid-19 sudah dilalui Indonesia, sebagai upaya melepas masa tersulit pertumbuhan ekonomi.

Presiden Joko Widodo pun meyakini pada tahun 2021 perekonomian nasional bisa tumbuh positif, sebagaimana yang diramal IMF, Bank Dunia hingga OECD.

"Sejumlah lembaga keuangan dunia memproyeksikan pertumbuhan ekonomi Indonesia tahun 2021 akan positif," ujar Jokowi dalam akun Twitternya, Jumat (26/2).

Jika dilihat dari beberapa indikator perekonomian di dalam negeri, Jokowi memperkirakan perkembangan ekonomi sudah menggemberikan, dan bisa mencapai target pertumbuhan 4 persen hingga 5 persen.

Kendati begitu, mantan Gubernur DKI Jakarta ini menggarisbawahi upaya pemulihan ekonomi akan sangat tergantung pada kemampuan Indonesia mengatasi pandemi.

"Pemerintah Indonesia berupaya keras melakukan percepatan penanganan krisis kesehatan. Penanganan 3M, 3T dan PPKM skala mikro terus kita lanjutkan," katanya.

Disamping itu, Jokowi juga memastikan program vaksinasi massal secara besar-besaran akan terus dikerjakan pemerintah.

"(Indonesia) salah satu yang tercepat (vaksinasinya) di antara negara Asia lainnya," tuturnya.

Lebih lanjut, mantan Wali Kota Solo ini mengajak seluruh elemen Bangsa untuk bergerak bersama, agar pemulihan ekonomi nasional semakin efektif.

"Sumbangsih pemikiran para ekonom, pelaku usaha dan para investor amat dinantikan," ucap Jokowi.

"Mari kita buktikan pertumbuhan ekonomi kita tahun ini lebih tinggi, lapangan kerja terbuka dan kesejahteraan meningkat," tutupnya.
EDITOR:

ARTIKEL LAINNYA