Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Ubi Madu Yang Berkualitas Baik Hanya Yang Ditanam Di Tanah Cilembu Sumedang

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Rabu, 24 Februari 2021, 17:47 WIB
Ubi Madu Yang Berkualitas Baik Hanya Yang Ditanam Di Tanah Cilembu Sumedang
Acara Jendela Usaha Ubi/Net
rmol news logo Ubi madu atau ubi Cilembu banyak dicari karena rasanya yang manis, Ubi ini merupakan umbi-umbian dalam kategori ras lokal dari sebuah desa bernama Cilembu, Sumedang, Jawa Barat. Kelebihan ubi ini selain rasa manis alami seperti layaknya madu, juga baik untuk kesehatan.

Ubi madu Cilembu ini hanya bisa ditanam di wilayah Cilembu, Sumedang. Nykko Samriki, pemilik Rumah Ubi Madu, Bekasi, mengatakan, ubi Cilembu yang dibudidayakan di wilayah lain hasilnya tidak senikmat jika ditanam di 'wilayahnya sendiri'.

"Dari yang pernah saya coba dan juga dari orang-orang yang pernah mencoba, ubi madu Cilembu ini manisnya khas. Itu adalah ubi terbaik. Mungkin dipengaruhi oleh iklimnya, tekstr tanahnya, dan lain-lain. Berbeda dengan ubi madu Cilembu dari daerah lain. Ketika dicoba ditanam di wilayah lain, rasa madunya tidak akan keluar dan hanya memiliki cita rasa seperti ubi biasa pada umumnya," katanya Nykko dalam acara Jendela Usaha, Rabu (24/2)/

Rumah Ubi Madu yang mulai dirintis Nykko pada Desember 2020 itu memang khusus mendistribusikan ubi madu kepada para pengecer. Kekhasan ubi madu yang tidak dimiliki ubi lain serta memiliki khasiat yang baik bagi tubuh, membuatnya hanya fokus pada jenis ubi ini.

Ubi Madu rendah kalori dan kolesterol juga tinggi serat. Sangat cocok dikonsumsi sebagai pengganti makanan pokok bagi yang sedang menjalankan diet sehat. Setiap dua minggu sekali Nykko mengambil ubi dari petani dengan sistem bayar langsung. Ini salah satu yang membuat usahanya berjalan lancar karena petani merasa terbantu dengan cara pembayaran itu.

Nykko juga memperhatikan kualitas dan daya tahan ubi tersebut. Dari sejak panen sampai tiba di tempatnya, ia harus menghitung hari.

"Ubi madu Cilembu  sejak mulai dipanen, jika kualitas baik, dia bisa bertahan sampai sebulan. Tetapi biasanya, dua minggu saja ubi-ubi itu sudah habis," katanya.

Nykko yang semula awam dengan umbi-umbian akhirnya mulai mendalami tanaman ini saat ia memulai bisnisnya. Walau ia tidak terjun langsung menggarap lahannya, Nykko mempelajari kapan ubi-ubinya siap panen, harus tumbuh di ketinggian berapa, dan bagaimana menghalau hama agar ubinya sehat dan berkualitas bagus.

"Standarisasi di Rumah Ubi Madu, ubi yang layak konsumsi itu  tidak lanas. Kedua, juga ketika dibuka warna ubi itu bagus, cerah. Ketika dimakan pun juga rasanya manis," kata Nykko.

Lanas (Cylas formicarius F) merupakan hama utama pada ubi jalar yang menyerang baik ketika masih dalam proses budidaya maupun pada saat proses penyimpanan.

Bagi yang tertarik untuk menjalani peluang bisnis ubi madu ini, perlu mencari informasi lengkap mengenai tanaman ini dan memilah pemasok yang tepat. Di Rumah Ubi Madu, kita bisa mencari tahu mengenai bisnis ini atau mengambil kesempatan untuk bermitra. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA