Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Rumah Ubi Madu: Abdi Negara Yang Jadikan Ketela Sebagai Peluang Usaha

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Rabu, 24 Februari 2021, 16:19 WIB
Rumah Ubi Madu: Abdi Negara Yang Jadikan Ketela Sebagai Peluang Usaha
Agen Rumah Ubi Madu/Ist
rmol news logo Pandemi Covid-19 yang berimbas pada pemutusan hubungan kerja dan penutupan usaha, membuat seorang abdi masyarakat yang berdinas di Polres Metro Jakarta Utara tergerak untuk membuka bisnis ubi madu dan menyediakan lapangan pekerjaan dengan membuka usaha pendistribusian ubi.

Usaha yang dimulai pada Desember 2020 ini dibangun bersama dua orang temannya. Secara khusus, ia mengatakan bahwa bisnisnya itu dimulai dengan niat memberikan lapangan pekerjaan kepada orang-orang yang terdampak pandemi.

"Bismillah, ketika orang-orang di tengah pandemi ini banyak yang menutup usahanya, banyak yang kehilangan pekerjaan, saya bersama teman berusaha untuk bagaimana membuka lapangan pekerjaan. Saya berusaha untuk merekrut orang-orang walau saat ini baru permulaan, belum banyak, baru orang-orang yang ada di sekitar saja," katanya dalam diskusi virtual Jendela Usaha, Rabu (24/2).

Ubi sangat dekat dengan kehidupan masyarakat Indonesia. Jenis umbi-umbian ini mudah ditemui di pasaran dengan harga relatif murah. Sebagai komoditas pertanian ubi banyak dilirik orang dan merupakan hasil pertanian yang menyehatkan.

"Saat ini kalau saya lihat, banyak orang yang telah berpikir untuk pola hidup sehat. Bahkan banyak yang sedang melakukan program menurunkan berat badan," katanya, menambahkan bahwa ubi dikonsumsi oleh berbagai kalangan usia, mulai dari anak-anak hingga orang tua.

"Kebetulan di sini (Pasar Kecapi) belum banyak orang yang berjualan ubi madu Cilembu. Saya terus memantau sektor apa yang kira-kira bisa di majukan di pasar. Setelah saya yakin bahwa ubi madu cukup memiliki peluang, ya sudah saya jalankan."

Kebetulan Nykko bertemu dengan kawan lama, Ali Akbar, yang memiliki lahan pertanian di daerah Cilembu, Sumedang. Gayung bersambut, akhirnya mereka berkongsi untuk membuka usaha agen ubi madu Cilembu.

Agen Rumah Ubi Madu yang didirikannya itu terletak di Jalan Raya Pasar Kecapi, Jati Warna, Pondok Melati, Bekasi. Selama tiga bulan usaha ini berjalan, ubi madunya telah memikat banyak pelanggan.

Nykko tidak hanya menjual dan menjadi distributor ubi (mentah), tetapi juga membuka usaha ubi madu oven yang siap santap.

Ubi Cilembu umumnya memang diolah dengan cara di-oven selama kurang-lebih 30-90 menit sempai ubi menjadi lunak dan mengeluarkan sejenis cairan lengket gula madu yang manis rasanya. 

"Ubi yang dioven, kesegarannya bisa bertahan 1 hari, lebih nikmat disantap saat manis hangat," kata Nykko.

Selain dibakar atau dioven, ubi cilembu bisa dioleh dalam bentuk kripik, kue, dodol, selai, saus, hingga tepung.

Nykko juga membuka peluang franchise bagi yang ingin mencoba berwirausaha. Bagi yang penasaran, bisa menengoknya di Instagram @rumahubimadu. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA