Farah.ID
Farah.ID

Bukan Cuma DP 0 Persen, REI Minta Perbankan Jangkau Segmen Masyarakat Berpendapatan Non Tetap

LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Jumat, 19 Februari 2021, 16:39 WIB
Bukan Cuma DP 0 Persen, REI Minta Perbankan Jangkau Segmen Masyarakat Berpendapatan Non Tetap
Ilustrasi kredit/Net
Pemberlakuan uang muka (down payment/DP) 0 persen untuk kredit pemilikan rumah atau apartemen (KPR/KPA), belum cukup mendongkrak pertumbuhan sektor properti di masa pandemi Covid-19 sekarang ini.

Hal itu disampaikan wakil Sekretaris Jendral DPP Real Estate Indonesia (REI), Royzani Sjahril, dalam diskusi virtual Info Bank bertajuk 'Dukungan Perbankan dan Regulator di Sektor Properti Dalam Rangka Pemulihan Ekonomi Nasional', Jumat (19/2).

Sjahril mengatakan, pihaknya menilai kebijakan DP 0 persen KPR/KPA ini harus dibarengi dengan sejumlah hal lain. Salah satunya adalah perluasan target pasar KPR.

"Kita berharap perbankan bisa membuka semua segmen ya, tidak hanya ASN, TNI, Polri atau karyawan BUMN yang sudah fix income (punya pendapatan tetap)," ujar Sjahril.

REI berharap perbankan bisa membuka peluang bagi masyarakat yang belum punya pendapatan tetap (non fix income).

"Agar bisa diserap juga. Karena banyak end user-end user kita yang UMKM, Wiraswasta ingin mengambil properti," kata Sjahril.

Sejalan dengan hal itu, REI juga berharap perbankan bisa memberikan relaksasi lainnya kepada pengguna fasilitas KPR/KPA seperti memberikan jangka waktu angsuran (tenor) yang cukup panjang.

"Masa tenor angsuran 30 tahun atau lebih, untuk meringankan masyarakat mengambil properti," demikian Royzani Sjahril.
EDITOR: AHMAD SATRYO

ARTIKEL LAINNYA