Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Gara-gara Jahe Merah, Pengusaha Minuman Serbuk Herbal Asal Medan Meraih Penghargaan Best Seller

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Rabu, 10 Februari 2021, 14:07 WIB
Gara-gara Jahe Merah, Pengusaha Minuman Serbuk Herbal Asal Medan Meraih Penghargaan Best Seller
Dame di antara para peserta UMKM yang menerima penghargaan/Ist
rmol news logo Di antara tanaman herbal, jahe merah termasuk yang paling banyak dipilih untuk pengobatan alami. Rasanya yang 'pedas' dan memberikan efek hangat pada tubuh, dipercaya bisa meredakan berbagai masalah penyakit.

Dame Maria Manurung, ibu rumah tangga asal Medan ini telah membuktikan khasiat dari jahe merah. Dimulai dari memberikan pengobatan tradisional untuk anaknya yang sakit, akhirya Dame, begitu ia akrab disapa, mencoba untuk mengolah jahe merah menjadi minuman berkhasiat dan dikemas dalam bentuk yang lebih praktis dan tahan lama.

"Terpikir oleh saya untuk menjadikan jahe ini sebagai serbuk minuman. Kalau basah, kan tidak awet. Maka saya buat menjadi serbuk kering agar usianya lebih panjang dan praktis dibawa-bawa," ujar Dame dalam diskusi virtual yang diselenggarakan Kantor Berita Politik RMOL, Rabu (10/2).

Teman-teman yang sudah mencicipi mengatakan kalau serbuk minuman olahannya sangat nikmat. Dame pun tertarik untuk menjadikan olahannya itu sebagai produk yang bisa ia tawarkan ke pasaran. Maka terciptalah produk minuman serbuk Kyta yang bahan bakunya terbuat dari jahe merah.

Menurutnya, tidak mudah untuk terjun sebagai 'penjual'. Namun, ia memiliki keyakinan bahwa jika ada kemauan pasti akan ada jalan. Apalagi didukung dengan bahan baku yang sangat udah dicari.

Jahe merah sangat mudah didapat di Dolok Pardamean, Kabupaten Simalungun, dan beberapa kecamatan lainnya di sekitar tempat tinggal Dame. Peluang ini mendorong semangat Dame untuk mendalami produksi minuman serbuk jahe merah.

"Jahe merah di sini mudah didapat, dan minuman jahe itu bisa dinikmati berbagai kalangan karena baik untuk kesehatan. Itu hal yang mendorong saya untuk berusaha menciptakan produksi ini," katanya.

Untuk tidak menghilangan manfaatnya, Dame tidak menggunakan gula pasir dalam olahan minuman ini, tetapi menggunakan gula aren.

"Ini yang membuat minuman kami berbeda. Gula Aren sangat baik untuk tubuh. Karena gula aren mengandung kalium, zat besi, fosfor, dan tembaga. Selain itu, pada gula aren ditemukan pula dosis kecil antioksidan," jelas Dame.

Ia mengakui ada banyak produksi sejenis. Itu berart persaingan akan semakin ketat. Namun, Dame yakin, bahwa kerja keras dan niat yang baik pasti akan mencapai hasil yang jauh lebih baik. Terbukti ia akhirnya memperoleh penghargaan The Most Attractive Booth oh The Day, dalam acara gebyar UKM Indonesia 2018, edisi ke-3.

"Jadi saya itu The Best Seller dalam acara itu, dan juga paling atraktif yang  banyak menyerap pengunjung datang ke stand dan terjadi transaksi," jelas Dame.

"Jahe merah sangat berkhasiat meredakan nyeri saat haid, nyeri sendi akibat peradangan dan nyeri otot. Jahe juga bisa digunakan sebagai obat alami asam urat. Manfaat ini adalah berkat sifat antiradang yang dimiliki jahe," ujar Dame, menambahkan bahwa jahe merah juga dapat meredakan reaksi alergi.
"Saya senang bisa memproduksi sesuatu yang bisa bermanfaat bagi orang lain. Pelanggan saya, seorang dokter juga telah mengakui bahwa setelah minum jahe merah produksi Kyta, ia merasa lebih bugar dan sehat," tutup Dame. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA