Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Iggi H. Achsien: MES Bangun Ruang Tumbuh Pelaku Usaha Baru Di Daerah

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/yelas-kaparino-1'>YELAS KAPARINO</a>
LAPORAN: YELAS KAPARINO
  • Rabu, 03 Februari 2021, 14:34 WIB
Iggi H. Achsien: MES Bangun Ruang Tumbuh Pelaku Usaha Baru Di Daerah
Sekjen MES Iggi H. Achsien/Net
rmol news logo Organisasi nirlaba Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) akan bekerja untuk menciptakan ekosistem yang memungkinkan pelaku-pelaku usaha baru di daerah tumbuh dan berkembang.

Dalam kepengurusan baru yang dipimpin Menteri Negara BUMN Erick Thohir, MES bertekad kuat mendorong pengembangan ekonomi keumatan, kerakyatan, dan kebangsaan.

Demikian disampaikan Sekjen MES, Iggi Haruman Achsien, dalam perbincangan dengan redaksi Kantor Berita Politik RMOL di kawasan SCBD, Jakarta Selatan, Rabu pagi (3/2).

“Sejak berdiri tahun 2000, MES didisain sebagai wadah inklusif yang menghimpun seluruh sumber daya serta membangun sinergi kuat dengan semua pemangku kepentingan untuk mengembangkan dan mensosialisasikan sistem ekonomi syariah,” ujar Iggi H. Achsien.

“Singkatnya, MES bertujuan memasyarakatkan ekonomi syariah dan mengekonomi-syariahkan masyarakat,” ujar Iggi yang merupakan Komisaris Bank Muamalat dan anggota Tim Ahli Wakil Presiden.

“Kita bertekad menciptakan ruang tumbuh bagi pengusaha-pengusaha baru di daerah,” tambah Iggi.

Sebagai wujud dari inklusifitas itu, kepengurusan MES periode 2021-2024 yang baru terbentuk diisi oleh sejumlah tokoh dengan berbagai latar belakang latar belakang yang menggambarkan keragaman Indonesia.

Di Dewan Pembina duduk KH Maruf Amin yang juga Wakil Presiden sebagai ketua. Didampingi Puan Maharani yang adalah Ketua DPR RI, Bambang Soesatyo (Ketua MPR RI), KH Miftakhul Ahyar (Ketua Umum MUI), dan mantan Ketua Umum MES periode  2018-2017 yang kini adalah Dubes RI untuk Swiss, Muliaman D. Hadad.

Sementara sebagai Sekretaris Dewan Pembina adalah mantan Menteri Negara BUMN Sugiharto yang didampingi Ketua MUI Sholahuddin Al Alyubi sebagai wakil sekretaris.  

Adapun Dewan Pakar diketuai oleh Perry Warjiyo yang adalah Gubernur Bank Indonesia, didampingi Wimboh Santoso yang merupakan Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang juga ketua umum MES periode 2017-2021, Purbaya Yudho Sadewa yang dikenal sebagai Ketua Dewan Komisioner Lembaga Penjaminan Simpanan (LPS), Hasanuddin (Ketua DSN MUI), dan Arif Budimanta yang merupakan Staf Khusus Presiden bidang Ekonomi.

Sementara Suhaji Lestiadi yang sehari-hari menjadi anggota Dewan Pengawas BPKH didapuk sebagai Sekteraris Dewan Pakar MES, didampingi Edy Setiadi.

Di Dewan Penggerak terdapat sejumlah pejabat menteri, seperti Menko Polhukam Mahfud MD sebagai ketua, didampingi para wakil ketua yakni Sofyan Djalil (Menteri Badan Pertanahan Nasional), Retno Marsudi (Menteri Luar Negeri), Agus Gumiwang Kartasasmita (Menteri Perindustrian), Abdul Halim Iskandar (Menteri Pedesaan dan Daerah Tertinggal), Sandiaga Sholahuddin Uno (Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif), serta Yaqut Cholil Qoumas (Menteri Agama).

Adapun sekretaris Dewan Penggerak adalah Ketua PBNU Marsudi Syuhid dan Tim Ahli Wapres Herman Widjojo.

Lalu Dewan Penyantun diisi oleh enam pengusaha, yakni M. Arsjad Rasyid, Roesan P. Roeslani, Rachmat Mulyana Hamami, Martin Hartono, Arini Subianto, dan Farhat Brachma.  

Adapun di Badan Pengurus Harian MES, Erick Thohir didampingi tiga wakil ketua umum yang ketiganya adalah menteri, yakni Teten Masduki (Menteri Koperasi dan UMKM), Muhammad Lutfhi (Menteri Perdagangan), dan Bahlil Lahadalia (Kepala BKPM).

Selain Sekjen Iggi Haruman Achsien, pejabat teras lainnya adalah Bendahara Umum Hery Gunardi yang merupakan Direktur Utama Bank Syariah Indonesia (BSI). rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA