Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Merger 3 Bank Syariah Dinilai Bakal Ciptakan Transformasi Ekonomi Besar-besaran

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/agus-dwi-1'>AGUS DWI</a>
LAPORAN: AGUS DWI
  • Selasa, 02 Februari 2021, 15:52 WIB
Merger 3 Bank Syariah Dinilai Bakal Ciptakan Transformasi Ekonomi Besar-besaran
Pengamat Ekonomi Unpad, Aldrin Herwany/RMOLJabar
rmol news logo Pembentukan PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BRIS) yang telah diresmikan Presiden Joko Widodo pada Senin (1/2) dinilai akan memberikan dampak positif terhadap perekonomian nasional.

BRIS merupakan merger 3 bank syariah milik Himpunan Bank Milik Negara (Himbara). Yaitu BRI Syariah, BNI Syariah, dan Mandiri Syariah.

Menurut pengamat ekonomi dari Universitas Padjadjaran, Aldrin Herwany, pencanangan merger bank syariah menjadi penambahan modal dan aset. Jika hal tersebut berjalan dan bertambah, kekuatan untuk pendanaan semakin kuat.

"Daya saing saat merger telah berjalan penuh pada tahun 2021 Indonesia memasuki babak awal," jelas Aldrin kepada Kantor Berita RMOLJabar, Selasa (2/2).

Bahkan, tambah Aldrin, akan terjadi transformasi menuju ke Islamic finance maupun banking. Dampak bank syariah akan mendorong Industri Keuangan Non-Bank (IKNB) Syariah, termasuk asuransi.

Jika terdapat kredit dari perbankan akan dijamin oleh asuransi, kemudian pembiayaan menggunakan dana dari leasing yang juga menggunakan asuransi.

"Jadi dampaknya ini luar biasa di 2021, bahkan menurut prediksi saya 5 hingga 10 tahun ke depan akan terjadi transformasi besar-besaran, khususnya ekonomi di Indonesia. Artinya ada pergeseran dari konvensional ke syariah," tuturnya.

Pasalnya, selama ini Indonesia tertinggal dari negara lain bahkan dari Malaysia, karena kekuranya daya dorong perfoma dari perbankan sehingga, skala ekonomis Indonesia kalah.

Aldrin pun menilai di Malaysia sudah bagus dan berdampak cost per unit turun, berarti harga pokok penjualan dan bunga rendah termasuk biaya operasional.

"Itu yang terjadi di luar negeri. Tetapi saya optimis untuk ke depannya di 2021 skala ekonomis untuk perbankan syariah kita meningkat," pungkas Aldrin. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA