Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pasca Brexit, Inggris Ajukan Permohonan Gabung CPTPP Pekan Depan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Minggu, 31 Januari 2021, 09:05 WIB
Pasca Brexit, Inggris Ajukan Permohonan Gabung CPTPP Pekan Depan
Perdana Menteri Inggris Boris Johnson/Net
rmol news logo Inggris berencana untuk mendaftarkan diri bergabung bersama pakta perdagangan bebas trans-Pasifik pada pekan depan.

Menteri Perdagangan Lizz Truss pada Sabtu (30/1) mengatakan, akan berbicara dengan mitranya di Jepang dan Selandia Baru pada Senin (1/2) untuk membuat permohonan resmi untuk bergabung Comprehensive and Progressive Agreement for Trans-Pacific Partnership (CPTPP).

CPTPP merupakan versi terbaru dari Trans-Pacific Partnership (TPP). Terdapat 11 anggota dalam CPTPP, yaitu Australia, Brunei, Kanada, Chili, Jepang, Malaysia, Meksiko, Selandia Baru, Peru, Singapura, dan Vietnam.

Sejak meninggalkan Uni Eropa, Inggris telah mengutarakan keinginannya untuk bergabung dengan CPTPP.

"Satu tahun setelah kepergian kami dari UE, kami menjalin kemitraan baru yang akan membawa manfaat ekonomi yang sangat besar bagi rakyat Inggris," kata Perdana Menteri Boris Johnson dalam sebuah pernyataan.

Reuters melaporkan, Inggris tidak akan menerbitkan penilaian tentang manfaat ekonomi dari keanggotaan CPTPP sebelum permohonan untuk bergabung. Itu bertentangan dengan janji sebelumnya.

Pemerintah mengatakan, dengan bergabungnya Inggris ke CPTPP maka akan menghapus tarif makanan, minuman dan mobil sambil membantu meningkatkan sektor teknologi dan jasa.

"Mendaftar untuk menjadi negara baru pertama yang bergabung dengan CPTPP menunjukkan ambisi kami untuk melakukan bisnis dengan cara terbaik dengan teman dan mitra kami di seluruh dunia, dan menjadi juara yang antusias dari perdagangan bebas global," tutur Johnson. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA