Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Tingkatkan Produktivitas Usaha Di Tengah Pandemi, Perempuan Tani HKTI Gelar Kompetisi

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Minggu, 24 Januari 2021, 09:27 WIB
Tingkatkan Produktivitas Usaha Di Tengah Pandemi, Perempuan Tani HKTI Gelar Kompetisi
Perempuan Tani HKTI gelar kompetisi untuk usaha ultra mikro dan UMKM/Ist
rmol news logo Pandemi Covid-19 telah banyak berdampak bagi keberlangsungsan usaha ultra mikro maupun Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Survei yang dilakukan oleh Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) menunjukkan, 94,69 persen pelaku usaha ultra mikro dan UMKM mengalami penurunan penjualan selama pandemi.

Survei tersebut juga menyebut, 49,01 persen pelaku usaha ultra mikro mengalami penurunan penjualan hingga lebih dari 75 persen.

Melihat situasi tersebut, Perempuan Tani Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) bekerja sama dengan Kementerian Pemuda dan Olahraga menggelar sebuah kompetisi bagi usaha kecil dan ultra mikro untuk memperebutkan bantuan dana.

Kompetisi digelar secara virtual melalui aplikasi Zoom pada Selasa (19/1) dan Kamis (21/1). Tujuannya untuk meningkatkan produktivitas usaha di tengah pandemi, khususnya dengan stimulus bantuan, bukan hanya berupa dana, namun juga pengetahuan seperti strategi dan teknik yang dapat digunakan.

Para peserta dan para kurator juga dapat berbagi pengalaman serta kompetensi di bidangnya masing-masing.

"Sangat antusias sekali, terlihat dari awal proses kurasi sekitar 300 lebih peserta yang mengikuti acara ini, sebelumnya yang mendaftar sekitar 350 peserta," kata Ketua Umum HKTI, Dian Novita Susanto, seperti dalam keterangan tertulis yang diterima redaksi pada Minggu (24/1).

Dian mengatakan, dari sejumlah peserta tersebut dipilih 10 pemenang yang berhasil dalam proses kurasi. Masing-masing dari mereka mendapatkan bantuan langsung tunai sebesar Rp 2,4 juta.

Para pemenang tersebut adalah Creative Center, Cowek Batu, Dapur Ganesha, Kelapa Berkah, Dwi Collection, KWT Tali Kasih Batam, Mix Snacks, Kedai Segar, Berkah Yasmin Tailor, dan Sanggar Panut.

Adapun tim kurator sendiri memiliki latar belakang yang berbeda, di antaranya adalah Tenaga Ahli Kantor Staf Presiden Erlinda, Sendra Wong dari Bizcom Indonesia, Jahja B Soenarjo, hingga Dian sebagai Ketua Umum HKTI.

Dian menjelaskan, para pemenang dinilai dari kriteria selain kreatif,  juga memiliki self confidence (kepercayaan diri), ketangguhan, serta kepedulian terhadap sesama. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA