Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Jadi Game Changer, QRIS Terbukti Tingkatkan Inklusivitas UMKM

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Jumat, 22 Januari 2021, 12:03 WIB
Jadi <i>Game Changer</i>, QRIS Terbukti Tingkatkan Inklusivitas UMKM
Ilustrasi pembayaran QRIS/Net
rmol news logo Quick Response Indonesian Standard (QRIS) merupakan game changer dalam digitalisasi ekonomi dan keuangan.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

QRIS merupakan kanal yang menghubungkan merchant dengan pembeli. Sejauh ini, QRIS dapat diakses oleh 42 bank dan non-bank.

Masuk ke dalam Bluprint Sistem Pembayaran Indonesia (BSPI) 2025, QRIS menunjukkan perkembangan yang luar biasa.

Assistant Governor Bank Indonesia, Fillianingsih Hendarta menyebut, pada tahun pertama, QRIS sudah mencatatkan nominal transaksi hingga Rp 1,2 triliun dan memiliki 4,94 juta merchant.

"Sebanyak 85 persen di antaranya itu UMKM... Jadi terbukti QRIS ini meningkatkan inklusivitas UMKM," ujar Fillianingsih dalam webinar Infobank bertajuk "Peran Teknologi Digital Untuk Mendukung Keuangan Inklusif dan Pemberdayaan UMKM" pada Jumat (22/1).

Fillianingsih mengatakan, QRIS dapat digunakan untuk membangun credit profile. Bank Indonesia sendiri akan mendapatkan data profil pembayaran dan menganalisanya.

"Nanti data-data itu digunakan kalau fintech ingin memberikan pinjaman ke UMKM," jelasnya.

Selain itu, QRIS sendiri lebih higienis, tidak membutuhkan uang kembali, dan bebas dari risiko uang palsu, serta mengikuti tren.

"Waktu Harbolnas kemarin, pembeli itu banyaknya usia 15 sampai 24 tahun. Artinya kaum muda itu sudah terbiasa tidak menggunakan uang tunai. Kalau pedagang tidak itu tren, mereka tertinggal," tandasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA