Asean Korea Coopertion Onwards
ASEAN-KOREA Cooperation Upgrade
Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Jutaan Pengguna Dapat Kemudahan Belanja, Perusahaan Retail Terbesar Di India Pasang Aplikasi Bisnis Di WhatsApp

LAPORAN: RENI ERINA
  • Senin, 18 Januari 2021, 11:00 WIB
Jutaan Pengguna Dapat Kemudahan Belanja, Perusahaan Retail Terbesar Di India Pasang Aplikasi Bisnis Di WhatsApp
Ilustrasi/Net
Sebanyak 400 juta pengguna WhasApp di India akan mendapat kemudahan memesanan produk setelah e-commerce JioMart bergabung dengan layanan pesan paling populer itu.

Di tengah hiruk pikuk isu yang berkembang tentang kebijakan baru WhatsApps, Reliance Retail Ltd milik Miliarder Mukesh Ambani yang menaungi JioMart justru memanfaatkan kebijakan itu untuk melebarkan bisnisnya.  

Live Mint melaporkan, Reliance sudah menjadi pengecer offline terbesar di India. Integrasi itu akan memungkinkan JioMart melebarkan jangkauannya di seluruh India, memungkinkan Reliance Retail menjadi tantangan serius bagi Flipkart dan dominasi Amazon di pasar ritel online India.

Sang miliarder Ambani mencoba merebut pangsa pasar ritel India yang lebih besar, yang diperkirakan akan mencapai 1,3 triliun AS pada tahun 2025.

JioMart diluncurkan pada Mei di 200 kota di seluruh India, sebulan setelah Reliance Retail menandatangani kontrak dengan WhatsApp untuk meningkatkan jangkauan situs belanja online.

Pada bulan April, Facebook Inc. membeli 9,9 persen saham di unit digital Reliance Industries Jio Platforms senilai 5,7 miliar dolar AS.

“Ini adalah penggabungkan kekuatan dari dua perusahaan. Integrasi JioMart pada dasarnya menambahkan layanan ritel untuk obrolan di WhatsApp. Dengan pembayaran yang sekarang tersedia di WhatsApp, itu menjadi lebih masuk akal," kata Jayanth Kolla, pendiri Convergence Catalyst, sebuah perusahaan riset.

Menurutnya, saat ini layanan pesan tidak hanya untuk bertukar obrolan, tetapi juga bisa untuk bisnis ritel, dan juga layanan pembayaran. "Semuanya akan terintegrasi dalam satu layanan yang sama," katanya.

Sementara juru bicara WhatsApp mengatakan, bahwa investasi antara JioMart dan WhatsApp akan membawa jutaan bisnis kecil dan pelanggan yang mereka layani ke dalam ekonomi digital.

"Ini akan memudahkan bisnis terhubung dengan pelanggan," kata juru bicara WhatsApp, seperti dikutip dari Live Mint, Senin (18/1).

Reliance Retail juga memasukkan toko-toko lokal di platformnya. Jadi, saat pelanggan memesan menggunakan aplikasi JioMart, aplikasi memetakan pengguna ke toko terdekat. Pengiriman dilakukan oleh toko itu atau bisa juga oleh unit logistik RIL atau Grab.

Aplikasi WhatsApp Business saat ini memiliki fitur manajemen inventarisnya yang memungkinkan usaha dan bisnis untuk memamerkan dan berbagi produk dan layanan lewat katalog. Katalog kemudian ditampilkan di profil bisnis.

WhatsApp baru-baru ini menambahkan tombol belanja yang memberi pelanggan akses ke katalog bisnis langsung dari layar obrolan mereka. Meski WhatsApp memiliki fitur katalog sendiri, banyak merchant menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti Bikayi dan Dukaan dan kemudian berinteraksi dengan pelanggan melalui media sosial.

"Sebagai startup e-commerce yang terintegrasi dengan WhatsApp, kami telah melihat pedagang menemukan nilai dalam mengelola, menjalankan, dan memasarkan bisnis melalui platform perpesanan itu," kata Sonakshi Nathani, salah satu pendiri dan CEO Bikayi.
EDITOR: RENI ERINA

ARTIKEL LAINNYA