Dimensy.id
Apollo Solar Panel

AS Larang Impor Kapas Dan Tomat Xinjiang Gara-gara Isu HAM, China: Ini Kebohongan Yang Dibuat-buat

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Sabtu, 16 Januari 2021, 08:01 WIB
AS Larang Impor Kapas Dan Tomat Xinjiang Gara-gara Isu HAM, China: Ini Kebohongan Yang Dibuat-buat
Kementerian Perdagangan China/Net
rmol news logo Juru Bicara Kementerian Perdagangan China Gao Feng mengatakan bahwa pemerintahannya sangat menentang campur tangan kasar AS dan sejumlah negara lainnya dalam urusan dalam negeri China.

Hal itu disampaikan Gao sebagai tanggapan atas larangan AS dan sekutu mereka pada kapas dan tomat dari Xinjiang, seraya menambahkan bahwa kerja paksa secara tegas dilarang di China.

AS sebelumnya telah melarang semua produk kapas dan tomat yang diproduksi di Daerah Otonomi Xinjiang, China Barat Laut untuk memasuki negaranya. Tindakan tersebut diambil atas dugaan kerja paksa yang melibatkan Muslim Uighur dan etnis minoritas lainnya di Xinjiang.

Tindakan serupa kemudian diambil Inggris yang belakangan diikuti oleh pemerintah Kanada.

"AS dan sekutu dekatnya membatasi ekspor produk Xinjiang dan menekan lembaga dan perusahaan yang berbasis di Xinjiang berdasarkan informasi dan kebohongan yang dibuat-buat, dan mewakili campur tangan besar dalam urusan dalam negeri China, yang sangat ditentang China," kata Gao, seperti dikutip dari GT, Jumat (15/1).

"Produk kapas dan tomat dari Xinjiang memainkan peran penting dalam rantai pasokan industri global, dan tindakan pembatasan hanya akan memperburuk keamanan rantai pasokan dan menghambat pemulihan ekonomi global," ungkapnya.

Gao kemudian mendesak negara-negara terkait untuk segera menghentikan perbuatan mereka yang menurutnya adalah sebuah kesalahan. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA