Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Ekspor China Melesat Naik Di Saat Dunia Darurat Corona

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Kamis, 14 Januari 2021, 13:38 WIB
Ekspor China Melesat Naik Di Saat Dunia Darurat Corona
Ilustrasi/Net
rmol news logo Ekspor China pada Desember 2020 melesat lebih cepat dari perkiraan. Badan Bea Cukai China pada Kamis (14/1)  mengatakan ekspor tumbuh 18,1 persen pada Desember dari tahun sebelumnya, sementara impor naik 6,5 persen.

Ini mendorong surplus perdagangan ke rekor tertinggi dan membantu mendukung pemulihan ekonomi di tengah pandemi.

Ekspor melonjak pada 2020 karena pandemi dan penguncian telah memicu permintaan luar negeri untuk barang-barang China seperti alat pelindung diri dan perangkat elektronik rumah tangga.

Reuters melaporkan, dengan pandemi yang sebagian besar terkendali di dalam negeri, pabrik-pabrik dapat melanjutkan produksi lebih awal daripada kebanyakan tempat lain, memungkinkan China untuk memenuhi permintaan global yang meningkat.

China diperkirakan menjadi satu-satunya ekonomi besar yang mengalami pertumbuhan positif pada tahun 2020. Ekspor tumbuh 3,6 persen selama setahun penuh dan impor turun 1,1 persen.

Li Kuiwen, juru bicara  Administrasi Umum Kepabeanan China, mengatakan pandemi membawa tantangan bagi ekonomi China, namun pertumbuhan perdagangan yang stabil akan membawa pemulihan ekonomi pada 2021.

"Ekspor terus berjalan dengan baik bulan lalu, karena penguncian baru di luar negeri memastikan pergeseran konsumsi dari jasa ke barang bertahan di banyak mitra dagang China," kata Julian Evans-Pritchard, ekonom senior China di Capital Economics, dalam sebuah catatan penelitian.

Para analis mengatakan, ke depan permintaan berkelanjutan untuk pasokan medis harus mendukung ekspor China.

Namun, kenaikan harga bahan mentah dan yuan dikhawatirkan dapat menekan keuntungan eksportir, menurut beberapa ahli. Yuan darat menguat 6,7 persen pada tahun 2020 - kenaikan tahunan pertama dalam tiga tahun.

"Kami pikir perdagangan akan tetap tangguh dalam waktu dekat tetapi akan melemah akhir tahun ini," tukas Evans-Pritchard. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA