Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Berhasil Kembangkan Usaha Tempe, FKDB Dapat Penghargaan Dari PII

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/widian-vebriyanto-1'>WIDIAN VEBRIYANTO</a>
LAPORAN: WIDIAN VEBRIYANTO
  • Selasa, 22 Desember 2020, 13:28 WIB
Berhasil Kembangkan Usaha Tempe, FKDB Dapat Penghargaan Dari PII
Produksi tempe/Net
rmol news logo Usaha Ayep Zaki dalam mendirikan Forum Komunitas Doa Bangsa (FKDB) pada tahun 2005 lalu sukses mendapat penghargaan dari Persatuan Insinyur Indonesia (PII) akhir pekan lalu.

Forum tersebut dinilai berhasil mewujudkan peningkatan pada sektor usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) yang memproduksi tempe di seluruh Indonesia.

Penghargaan diberikan dalam rangkaian acara pembukaan Lokakarya dan Konvensi Nasional Badan Kejuruan Teknik Pertanian – PII 2020. Acara tersebut digelar sebagai bentuk apresiasi atas inovasi-inovasi yang mendukung aktivitas pengembangan ekosistem pertanian.

FKDB dinilai berhasil membangun dan membina unit-unit usaha pengrajin tempe di seluruh Indonesia yang berjumlah 82 pengrajin. Dengan jumlah tersebut, total konsumsi kedelai yang berhasil diserap mencapai 12.600 ton per tahun.

Ayep Zaki sendiri telah merangkul para pengrajin dan pelaku UMKM untuk membangun usahanya secara mandiri. Mulai dari bidang usaha tempe tahu, jasa pijat refleksi, distribusi produk pertanian, kuliner, hingga retail bahan bangunan dan lain-lain.

Total UMKM aktif yang dibangun FKDB berjumlah 162 unit usaha ditambah 80 uni usaha binaan.

“FKDB yang didirikan sejak tahun 2005 lalu bersama pengrajin dan pelaku UMKM terus membangun usaha meningkatkan ekonomi masyarakat dari Sabang sampai Merauke,” kata Ayeb Zaki kepada wartawan, Selasa (22/12).

Upaya Ayep Zakep ini mendapat apresiasi dari Kerapatan Indonesia Tanah Air (KITA). Bendahara Umum KITA Camelia Lubis mengatakan bahwa pihaknya memiliki visi yang sama dengan FKDB dalam meningkatkan ekonomi kerakyatan.

“Kami mendukung program dan inovasi-inovasi yang dapat menyokong pertumbuhan para pelaku UMKM, seperti yang dilakukan FKDB,” tuturnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA