Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kinerja Perdagangan Jadi Sinyal Positif Bagi Ekonomi Indonesia 2021

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/agus-dwi-1'>AGUS DWI</a>
LAPORAN: AGUS DWI
  • Senin, 14 Desember 2020, 19:02 WIB
Kinerja Perdagangan Jadi Sinyal Positif Bagi Ekonomi Indonesia 2021
Ilustrasi/Net
rmol news logo Kinerja perdagangan yang surplus pada kuartal I di tengah kondisi pandemi Covid-19, mengindikasikan kegiatan dunia usaha  mulai membaik pada triwulan III 2020.

Ini menjadi pertanda baik bagi pertumbuhan ekonomi Indonesia yang semakin membaik pada 2021.

Seperti terlihat dari nilai Saldo Bersih Tertimbang (SBT) pada triwulan III 2020 sebesar -5,97%, membaik dari -35,75% pada triwulan II 2020.

Kemudian, kinerja sektor Industri Pengolahan pada triwulan III 2020 juga terindikasi membaik, meski masih berada dalam fase kontraksi.

"Hal tersebut tercermin dari Prompt Manufacturing IndexBank Indonesia (PMI-BI) sebesar 44,91%, naik dari 28,55% pada triwulan II 2020. Meski masih di bawah 52,04% pada triwulan III 2019," ujar Direktur Eksekutif Indonesia Development Monitoring (IDM), Bin Firman Tresnadi, melalui keterangannya, Senin (14/12).

Ditambahkan Bin Firman, perbaikan telah dilakukan pada seluruh komponen pembentuk PMI-BI. Di mana indeks tertinggi pada volume pesanan barang input sejalan dengan implementasi Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) yang mendorong permintaan dan kemudahan distribusi.

Secara sektoral, lanjut Bin Firman, seluruh subsektor mencatat perbaikan pada triwulan III 2020. Dengan indeks PMI-BI tertinggi dicatatkan subsektor semen dan barang galian nonlogam. Diikuti subsektor industri makanan, minuman, dan tembakau

"Kinerja perdagangan yang surplus dan kinerja (positif) di sektor Industri Pengolahan menjadikan optimisme ketahanan eksternal yang baik di tahun 2021. Atas kondisi tersebut neraca berjalan terhadap PDB pada tahun 2021 dapat dijaga berada di kisaran rendah," tandasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA