Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Bisa Dorong Pertumbuhan Ekonomi, IDM Desak Pemerintah Percepat Vaksinasi Covid-19

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/agus-dwi-1'>AGUS DWI</a>
LAPORAN: AGUS DWI
  • Senin, 14 Desember 2020, 18:08 WIB
Bisa Dorong Pertumbuhan Ekonomi, IDM Desak Pemerintah Percepat Vaksinasi Covid-19
Ilustrasi/Net
rmol news logo Pertumbuhan ekonomi Indonesia kembali pulih pada 2021 bukan sekadar angan-angan. Asalkan, faktor-faktor pendukungnya berjalan dengan maksimal.

Ada sejumlah faktor yang harus diperhatikan pemerintah agar proses pemulihan ekonomi ini tidak terhambat. Terutama dengan melihat efektivitas pemerintah dalam merespons situasi pandemi dan pengambilan kebijakan yang tepat.

Selain itu pertumbuhan ekonomi bisa kembali pulih pada 2021 bisa tercapai apabila pandemi ini tidak semakin parah pada akhir kuartal IV 2020.

Karena itu, Direktur Eksekutif Indonesia Development Monitoring (IDM), Bin Firman Tresnadi, mendesak pemerintah untuk lebih memastikan ketersediaan vaksin Covid-19 di tanah air.

Kemudian, program vaksinisasi dilakukan lebih cepat. Sehingga pandemi Covid-19 bisa lebih terkendali yang bisa berdampak baik terhadap pertumbuhan ekonomi nasional.

"Dengan mempertimbangkan faktor-faktor tersebut serta melihat tren pertumbuhan pra-Covid-19 pada 2015-2019 di mana ekonomi Indonesia tumbuh pada keseimbangan baru yaitu 5,03 persen, maka diperkirakan pada 2021 Indonesia dapat kembali pulih pada keseimbangan tersebut di kisaran 5-6,1 persen," ucap Bin Firman, Senin (14/12).

Namun demikian, Bin Firman mengingatkan, kisaran tersebut akan dapat tercapai apabila persebaran Covid-19 mulai menunjukkan penurunan di kuartal IV dan membaik di kuartal I 2021. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA