Dimensy.id
Apollo Solar Panel

bank bjb Perluas Channel SAMBAT, Bayar PKB Jadi Lebih Mudah

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/yelas-kaparino-1'>YELAS KAPARINO</a>
LAPORAN: YELAS KAPARINO
  • Senin, 14 Desember 2020, 14:38 WIB
bank bjb Perluas Channel SAMBAT, Bayar PKB Jadi Lebih Mudah
Launching modern chanel SAMBAT/Istimewa
rmol news logo bank bjb melakukan perluasan channel pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) pada aplikasi Samsat Banten Hebat (SAMBAT). Perluasan channel pembayaran dilakukan dengan menggandeng sejumlah toko modern, e-commerce, dan platform e-money sebagai mitra bayar.

Dengan inovasi ini, pembayaran PKB menjadi lebih mudah. Pembayaran PKB melalui SAMBAT kini dapat dilakukan melalui Indomaret, Alfamart, Bukalapak, Tokopedia, Gopay, dan LinkAja.

Pemimpin Divisi Corporate Secretary bank bjb Widi Hartoto mengatakan, perluasan channel pembayaran SAMBAT sebagai upaya optimalisasi layanan kepada nasabah. Langkah ini juga bertujuan untuk memaksimalkan potensi pendapatan daerah yang bersumber dari pajak kendaraan bermotor.

"Sebagai mitra kerja pemerintah bersama dengan Tim Pembina Samsat Provinsi Banten, bank bjb terus terus berupayya meningkatkan layanan untuk mempermudah masyarakat dalam melakukan pembayaran pajak kendaraan bermotor," kata Widi dalam keterangannya yang diterima redaksi, Senin (14/12).

Sebelumnya, bank bjb menyediakan fasilitas pembayaran di jaringan kantor dan jaringan elektronik bank bjb melalui aplikasi SAMBAT untuk memperoleh nomor bayar. Pembayaran juga dapat dilakukan di Kantor dan Gerai Samsat baik secara nontunai maupun dengan cara tunai kepada petugas bank bjb.

Dengan perluasan chanel ini, para wajib pajak Banten dapat memanfaatkan layanan pembayaran pajak dengan mudah dan praktis ini melalui aplikasi SAMBAT yang dapat diunduh di Play Store.

Setelah itu wajib pajak dapat melakukan registrasi dengan melakukan input Nomor Polisi, NIK dan 5 digit nomor rangka yang terdapat pada STNK kendaraan.

Selanjutnya , wajib pajak akan mendapatkan kode bayar yang dibutuhkan untuk dapat melakukan transaksi pembayaran di seluruh jaringan kantor (teller) dan jaringan elektronik (ATM dan bjb Digi) serta channel layanan anyar yaitu Indomaret, Alfamart, Bukalapak, Tokopedia, Gopay, dan LinkAja.

Setelah pembayaran rampung, wajib pajak dapat menukarkan struk atau bukti pembayaran pajak melalui Kantor Bersama Samsat wilayah hukum Polda Metro Jaya atau Polda Banten (sesuai domisili) mininal 1 hari setelah melakukan pembayaran dan maksimal 6 hari setelah melakukan pembayaran.

"Perbaikan layanan ini akan menghadirkan dampak positif baik dalam transparansi transaksi publik untuk mendukung program pemerintah, dan juga membantu memberikan keamanan dan kenyamanan bagi wajib pajak yang akan melakukan transaksi pajak tahunan tanpa harus datang ke Kantor Samsat," ujar dia.

Langkah ini, tambah Widi, sesuai dengan komitmen bank bjb untuk mendukung program pemerintah, melakukan dan meningkatkan pelayanan prima kepada masyarakat secara cepat, tepat, akurat," kata dia. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA