Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Percepatan Pembangunan Jalur Kereta Double Track Di Selatan Jawa Berhasil Tekan Biaya Logistik

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-satryo-1'>AHMAD SATRYO</a>
LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Kamis, 10 Desember 2020, 13:51 WIB
Percepatan Pembangunan Jalur Kereta <i>Double Track</i> Di Selatan Jawa Berhasil Tekan Biaya Logistik
Foto/Net
rmol news logo Komitmen Kementerian Perhubungan untuk mempercepat pembangunan jalur kereta double track bagian Selatan Jawa mampu menekan biaya logistik.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Hal itu disampaikan Pengamat Transportasi, Djoko Setiowarno, yang menganggap kinerja Kementerian Perhubungan terhadap transportasi Kereta Api telah baik.

"Saya pikir, dengan double track ini perjalanan masyarakat dari arah Jawa bagian selatan akan semakin cepat. Dalam hal ini, juga mendukung arus perputaran perekonomian masyarakat," ujar Djoko dalam siaran pers yang diterima Kantor Berita Politik RMOL, Kamis (10/12).

Setelah penyelesaian jalur Kerata Api Pantura, pembangunan double track di bagian selatan Jawa tersebut akan membuat keseimbangan kereta baik di wilayah selatan maupun utara.

Karena itu, Djoko menilai kereta api menjadi solusi yang terbaik sebagai alat angkut barang jarak jauh. Pasalnya, pengiriman logistik akan lebih lancar dan mengikis ongkos masuk jalan tol jika menggunakan kendaraan darat.

Oleh sebab itu, dia berharap kepada Kementerian Perhubungan untuk menunjang berbagai kebutuhan perkeretaapian. Misalnya seperti pembuatan terowongan kereta api di tiga wilayah.

"Ini prestasi di perhubungan, apalagi selama ini tak ada jalur kereta yang ada terowongan," ungkap Djoko.

"Kemudian ada target juga, selain double track (di lintas selatan Jawa) ada juga KA lintas Sumatera yang nantinya menembus sampai ke Pekanbaru," pungkasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA