Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pengamat: Pelabuhan Patimban Bakal Jadi Stimulus Baru Bagi Perekonomian

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-satryo-1'>AHMAD SATRYO</a>
LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Jumat, 04 Desember 2020, 00:12 WIB
Pengamat: Pelabuhan Patimban Bakal Jadi Stimulus Baru Bagi Perekonomian
Pelabuhan Patimban/Net
rmol news logo Pelabuhan Patimban, yang terletak di wilayah Subang Jawa Barat tak lama lagi akan segera beroperasi. Berbagai pihak, menyambut baik upaya dari pemerintah ini.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Pengamat Maritim dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Raja Oloan Saut Gurning meyakini, infrastruktut pendukung ang dibangun pemerintah itu mampu mendongkrak roda perputaran ekonomi nasional, terutama Provinsi Jawa Barat.

Pasalnya, dia melihat simulasi yang sudah dilakukan oleh Kementerian Perhubungan beberapa waktu lalu sudah menunjukkan adanya potensi perbaikan kegiatan perekonomian Industri berskala kecil, sedang, besar, hingga Usaha Menengah Kecil Masyarakat (UMKM).

"Ini (Pelabuhan Patimban), juga mendukung ketersediaan lapangan kerja baru. Karena bertumbuhnya perekonomian di sekitar wilayah pelabuhan," Ucap Saut, dalam siaran pers yang diterima Kantor Berita Politik RMOL, Jumat (4/12).

Selain itu, perdagangan lewat jalur laut akan semakin lengkap dengan adanya Pelabuhan Patimban, Sebab pada awalnya, jalur dagang hanya didominasi oleh Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta.

Disamping itu, dirinya juga menilai transportasi perairan di wilayah DKI Jakarta mulai dirasakan jenuh oleh masyarakat. Hal tersebut disebabkan oleh lahan, aksesibilitas, dan ketersediaan dari transportasi di Pelabuhan Tanjung Priok yang sudah padat.

"Sehingga, pelabuhan Patimban akan menjadi pendukung pelabuhan Tanjung Priok, dalam artian menjadi pilihan yang menarik bagi pihak industri. Pemerintah telah menginisiasi, nanti tinggal kita lihat inovasi dan peran swasta kedepan," jelasnya.

Lebih lanjut, Saut menuturkan poteni Pelabuhan Patimban harus dijaga oleh pemerintah. Karena menurutnya, hal itu tergantung dari akselerasi perdagangan yang dilakukan di wilayah Patimban. Sehingga, keberfungssian pelabuhan harus didukung oleh seluruh pihak tidak hanya usaha positif pemerintah.

"Pengembangannya, bukan hanya dengan melibatkan swasta tapi menyangkut berbagai faktor. Mulai dari bagaimana ke depan berjalan bisnis yang suistanable, terpenuhinya cargo komersial level, secara operasional kelayakan maritim juga terpenuhi," paparnya.

Patimban harus banyak berinovasi perdagangan, disamping inisasi yang dilakukan oleh pemerintah tapi usaha selanjutnya dengan pengetatan perdagangan niscaya berimbas pada peningkatan cargo, yang memicu pertumbuhan ekonomi tak hanya di Jabar saja, tapi Indonesia," pungkasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA