Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kemenko Perekonomian Tegaskan SWF Bermanfaat Untuk Mengunci Hot Money

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/diki-trianto-1'>DIKI TRIANTO</a>
LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Rabu, 02 Desember 2020, 15:21 WIB
Kemenko Perekonomian Tegaskan SWF Bermanfaat Untuk Mengunci <i>Hot Money</i>
Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi Makro dan Keuangan Kemenko Perekonomian, Iskandar Simorangkir/Net
rmol news logo Banyak manfaat dalam Sovereign Wealth Fund (SWF) yang dibuat setelah adanya UU Cipta Kerja, salah satunya bisa mengunci dana investasi jangka pendek atau hot money.

"Salah satu cara kita mengunci dana-dana jangka pendek tadi supaya dia jangan tiba-tiba terjadi capital flight," kata Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi Makro dan Keuangan Kemenko Perekonomian, Iskandar Simorangkir kepada wartawan, Rabu (2/12).

Selama ini, dana investasi jangka pendek memiliki keterkaitan dengan stabilitas nilai tukar rupiah karena dimanfaatkan pemerintah untuk menutupi defisit transaksi berjalan.

"Bayangkan ketika terjadi gejolak di dalam negeri capital outflow terjadi dampaknya ke rupiah. Semua perusahaan kesusahan ketika depresiasi. Bahan baku jadi mahal, terjadi hambatan dari sisi produksi," ucapnya.

Oleh sebab itu, ke depan pembangunan Indonesia akan menggunakan dana SWF dan tidak lagi menggunakan dana investasi jangka pendek. Nantinya, SWF akan direalisasikan dengan bentuk Lembaga Pengelola Investasi (LPI). rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA