Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kondisi Dunia Berubah Usai Covid-19, Ignasius Jonan Ramal Ada Lima Jenis Bisnis Yang Harus Disiapkan Indonesia

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-satryo-1'>AHMAD SATRYO</a>
LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Kamis, 26 November 2020, 14:51 WIB
Kondisi Dunia Berubah Usai Covid-19, Ignasius Jonan Ramal Ada Lima Jenis Bisnis Yang Harus Disiapkan Indonesia
Ignasius Jonan/Net
rmol news logo Pandemi Covid-19 akan mengubah kondisi dunia dan perkembangan industri, setelah virusnya bisa ditanggulangi bersama-sama oleh seluruh masyarakat.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Begitulah yang diungkapkan mantan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Ignasius Jonan, dalam acara virtual Infobank, Kamis (26/11).

"Menurut saya ketika pandemi (Covid-19) ini selesai, dunia tidak akan sama lagi. Ini perlu dipikiran luar biasa. Karena, CEO Pepsi dan Coke, CEO IBM juga mengatakan ini dunia tidak akan sama lagi," ujar Jonan.

Bahkan, Jonan memprediksi arah perkembangan industri di dunia juga akan otomatis berubah.

Dari hasil pengamatannya, dia meramal ada 5 jenis bisnis yang berpotensi dan harus disiapkan Indonesia untuk menghadapi perubahan dunia pasca pandemi Covid-19.

"Ada lima bisnis ke depan, kegiatan ke depan yang sangat menarik," tuturnya.

Bentuk bisnis atau jenis usaha tersebut diantaranya, pertama Renewable Energy atau energi terbarukan, kedua Electric Cars atau kendaran bermotor berbahan daya listrik, Online Business atau bisnis online, keempat bisnis lingkungan hidup dan kelima Artificial Intelegence atau kecerdasan buatan.

Oleh karena itu, Jonan mengharapkan pemerintah bisa mempersiapkan dengan baik potensi-potensi bisnis tersebut dari sekarang. Sehingga ketika menghadapi dunia usai pandemi Covid-19, Indonesia sudah siap bertarung di kancah global.

"Kalau datang masanya, negara kita mau di didik bentuknya kaya apa lagi ke depannya. Ini harus dipersiapkan," demikian Ignasius Jonan. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA