Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pandemi, Pariwisata India Turun Hingga 69 Persen

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Senin, 23 November 2020, 08:26 WIB
Pandemi, Pariwisata India Turun Hingga 69 Persen
Lokasi wisata Jaisalmer/Net
rmol news logo Industri pariwisata India menjadi korban terbesar dari pandemi virus corona di negara itu. Walaupun pemerintah telah mencabut penguncian dengan harapan roda perekonomian akan kembali membaik, tetapi konektivitas belum sepenuhnya pulih. Kebanyakan perjalanan yang ada masih terbatas pada hal-hal yang mendesak, mengakibatkan penurunan tajam pada jumlah turis di seluruh India.

Salah satu tempat wisata yang sangat terdampak adalah Rajasthan, lokasi paling populer di India karena pemandangannya yang indah dengan gurun Thar, benteng dan istana bersejarah, serta kuil berusia berabad-abad.

Sayangnya, sejak Maret arus turis di negara bagian gurun itu menurun drastis. Data kedatangan turis dari departemen pariwisata Rajasthan menunjukkan bahwa pada 2020, negara bagian telah mengalami penurunan turis sebanyak 69,3 persen.

Rendahnya arus masuk wisatawan yang signifikan telah meninggalkan dampak yang dalam pada industri perhotelan yang bergulat dengan permintaan yang sangat sedikit.

Pemilik resor KK di Jaisalmer Rajasthan, Kailash Vyas, mengatakan bahwa pembukaan resor dan hotel setelah kuncian dicabut malah menjadi kerugian yang lebih besar bagi mereka.

“Kami membuka properti setelah penguncian tetapi tidak dapat menghasilkan uang bahkan untuk membayar staf kami. Misalnya, dari 52 kamar hanya 2 kamar yang ditempati pada bulan Juli dan September,” kata Vyas, seperti dikutip dari The Wire, Minggu (22/11).

Karena masalah pembatasan perjalanan, calon wisatawan dari Delhi, Mumbai, dan Benggala Barat juga tidak dapat mencapai Rajasthan.

“Sejak September, hanya wisatawan dari sekitar yang datang. Kebanyakan dari tempat-tempat yang hanya butuh sehari berkendara seperti Gujarat,” kata Kundan Bhati, pemilik hotel Surya Vilas di Jaisalmer.

Bahkan, departemen pariwisata negara hanya mempromosikan pariwisata dari daerah sekitarnya.
“Konsep 'Kunjungan Singkat, Menginap Aman' dimaksudkan untuk memastikan bahwa pelancong dari negara bagian terdekat dapat datang untuk rekreasi dalam suasana aman dan terjamin,” Alok Gupta, Sekretaris Utama, Departemen Pariwisata, Pemerintah Rajasthan mengatakan kepada Financial Express Online.

Turis sekarang lebih suka bepergian dengan kendaraan pribadi, sehingga pengemudi taksi lokal juga menghadapi kesulitan dalam mencari nafkah. Sebagian besar turis biasanya datang dengan kereta api atau penerbangan. Itu artinya, mereka akan membutuhkan taksi lokal untuk berkeliling kota. Namun, sekarang tidak lagi.

“Tidak ada fasilitas Ola atau Uber di Jaisalmer karena turis bergantung pada taksi lokal dari penjemputan di bandara hingga lokasi tamasya,” kata Bhanu Singh, pemilik taksi di Jaisalmer.

Banyak pengemudi yang bekerja di bawah kontraktor mana pun telah kehilangan pekerjaan. “Tanpa pekerjaan, tidak ada pendapatan. Kontraktor tidak mampu membayar angsuran bulanan mobil mereka sehingga mereka merumahkan pengemudinya, ”tambah Singh.

Banyak pengemudi dan para pengusaha kecil yang berharap ada perhatian dari pemerintah. Beberapa asosiasi masyarakat berusaha mengangkat suara bagi mereka yang bekerja di sektor pariwisata, mengatakan bahwa pemerintah belum memberikan bantuan apa pun kepada pekerja berupah harian yang bergantung pada industri ini.

“Meskipun kami berulang kali menuntut untuk memberikan fasilitas pinjaman kepada pengemudi, pemandu dan seniman rakyat, tanpa banyak kerepotan, pemerintah tidak pernah memperhatikan,” kata seorang aktivis.

Pada masa-masa sulit seperti itu, pinjaman dan bantuan dari pemerintah dapat membantu mereka memulai dari awal. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA