Dimensy.id
Apollo Solar Panel

5 Finalis Startup Inkubator Menjadi Nyata Siap Gaet Investor Global

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/agus-dwi-1'>AGUS DWI</a>
LAPORAN: AGUS DWI
  • Kamis, 05 November 2020, 09:18 WIB
5 Finalis Startup Inkubator Menjadi Nyata Siap Gaet Investor Global
Lima finalis startup Inkubator Menjadi Nyata berpotensi meraih investor untuk mengembangkan usaha mereka/Istimewa
rmol news logo Program startup inkubator online “Menjadi Nyata”, yang digagas Erendi Digital Labs, perusahaan yang bergerak di bidang riset dan pengembangan teknologi, dan didukung oleh ModalSaham, perusahaan investasi yang berkonsentrasi pada investasi di UKM dan startup di Indonesia, akhirnya resmi menutup batch pertama dengan mengadakan acara “Demo Day” pada 31 Oktober 2020.

Pada acara Demo Day, kelima startup finalis yang telah diinkubasi, yaitu CariGuru (Edutech) dari Tangerang, Gudings (Logistics) dari Bogor, Loakarya (Waste Management) dari Bandung, Scrapiro (Waste Management) dari Jakarta, dan Sisdes (Software as a Service) dari Purwokerto, berhak mendapatkan karpet merah untuk presentasi mengenai startup-nya di hadapan para investor global yang berpartisipasi dan mendukung acara Demo Day.

Para investor yang hadir adalah AladiEX, Alpha Momentum, ANGIN, Doko Investama, Ideosource, ModalSaham, Spiral Ventures, dan UMG IdeaLab.
Mereka dari kalangan Angel Investor, Private Equity, dan Venture Capital yang perusahaannya berasal dari negara Indonesia, Myanmar, Vietnam, dan Jepang.

Tidak hanya sebagai investor, namun mereka juga bertindak sebagai juri di acara Demo Day. Memberikan banyak saran dan kritikan membangun dari sudut pandang dan pengalaman profesional mereka di dunia startup untuk kemajuan kelima startup tersebut ke depan.

Campaign Director Menjadi Nyata, Rino Setiawan menerangkan, selama 60 hari inkubasi, kelima startup tersebut telah mendapatkan benefit berupa dana hibah senilai total Rp 100 juta yang diberikan oleh Menjadi Nyata, yang telah digunakan masing-masing startup untuk pengembangan bisnisnya.

Selain itu, mereka juga telah mendapatkan mentoring dari mentor-mentor berkualitas di industri startup. Serta mendapatkan access market untuk meningkatkan traction startup-nya masing-masing, sebagai bekal persiapan untuk acara Demo Day.

"Bahkan untuk pematangan presentasi startup mereka sebelum acara Demo Day, kami fasilitasi mentoring offline selama 2 hari di Jakarta. Kelima startup kami inkubasi secara tatap muka langsung, yang sebelumnya hanya secara online di kota mereka masing-masing," terang Rino melalui keterangan yang diterima Redaksi, Kamis (5/11).

Sementara itu, CEO ModalSaham, Muhammad Reza Alkhawarismi  menambahkan, tujuan dari acara Demo Day ini adalah agar kelima startup finalis dapat menunjukkan hasil inkubasi di hadapan para investor. Sehingga mereka bisa mendapatkan banyak insight positif untuk pengembangan startup mereka ke depan.

“Mereka juga bisa mendapatkan pendanaan lanjutan jika dapat membuat para investor tertarik dengan startupnya, atau kolaborasi dalam hal positif lainnya," ujar Reza.  

"Setelah acara Demo Day ini, kelima startup yang masih membutuhkan bantuan dari sisi teknis IT dan business support lainnya, masih dapat bersinergi dengan Venture Studio yang dimiliki ModalSaham,” imbuh VP Menjadi Nyata tersebut.

Executive Officer dari Erendi Digital Labs, Fernandus Beh, juga berharap kepada kelima startup agar inkubasi di Menjadi Nyata dapat menjadi batu loncatan untuk terus berkembang dan mengejar mimpinya sampai sukses.

“Mungkin setelah acara Demo Day ini, para investor yang tertarik akan melakukan due dilligence masing-masing dan akan berkomunikasi secara langsung dengan startup yang kami inkubasi. Semoga program Menjadi Nyata ini bermanfaat, dan kelima startup bisa mewujudkan mimpinya masing-masing,” tegasnya.

Sambutan hangat juga didapatkan dari para investor mengenai program startup inkubator Menjadi Nyata dan acara Demo Day.

“It’s very good program. Semoga Menjadi Nyata terus mebuat program-program lanjutan seperti ini, yang bermanfaat untuk dunia startup di Indonesia. Startup yang bergabung di inkubasi Menjadi Nyata sudah cukup bagus," ujar Investment Associate Ideosource, Eldo Wana Kusuma.

"Kami dari VC, tidak hanya dapat membantu dari sisi investasi, namun kami juga bisa berkolaborasi untuk membukakan akses lain yang dibutuhkan oleh startup, sehingga startup dapat growth secara exponential dan scalable lebih dari sekarang. Terimakasih atas kesempatan dan undangannya tim Menjadi Nyata untuk acara Demo Day hari ini!” tutup Eldo Wana Kusuma.

Untuk diketahui, program Menjadi Nyata juga didukung oleh Alkhawarismi Accounting & Tax, DiliputMedia, Impactpreneur, UrusLegal, V-New, dan Zendz. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA