Dimensy.id
Apollo Solar Panel

AS Perpanjang GSP, Jimly Asshiddiqie: Sukses Pelaku Ekonomi Nasional

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/diki-trianto-1'>DIKI TRIANTO</a>
LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Senin, 02 November 2020, 05:39 WIB
AS Perpanjang GSP, Jimly Asshiddiqie: Sukses Pelaku Ekonomi Nasional
Ketua Umum Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI), Jimly Asshiddiqie/RMOL
rmol news logo Fasilitas bebas tarif bea masuk (GSP) yang diperpanjang pemerintah Amerika Serikat untuk lebih dari 700 produk ekspor asal Indonesia disambut positif.

Menurut Ketua Umum Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI), Jimly Asshiddiqie, perpanjangan GSP tersebut diharapkan berdampak baik oleh para pelaku usaha di Tanah Air yang kini tengah terpukul.

"Sukses untuk Menlu Retno, sukses untuk pelaku ekonomi nasonal dan sukses untuk rakyat Indonesia," kata Jimly di akun Twitter pribadinya, Senin (2/11).

Adapun GSP atau Generalized System of Preferences merupakan fasilitas perdagangan berupa pembebasan tarif bea masuk yang diberikan secara unilateral oleh Pemerintah Amerika Serikat kepada negara-negara berkembang di dunia sejak tahun 1974.

Indonesia pertama kali mendapatkan fasilitas GSP dari AS pada tahun 1980.

Menlu Retno mengatakan, pemerintah Indonesia telah proaktif mengawal proses pembebasan bea masuk itu di berbagai pertemuan bersama perwakilan pemerintah AS, termasuk saat Menteri Luar Negeri AS Michael Richard Pompeo melawat ke Indonesia pada akhir Oktober 2020.

“Isu mengenai GSP ini selalu dibawakan oleh Indonesia dalam semua kesempatan pertemuan dengan AS. Dalam kunjungan Menlu AS tiga hari yang lalu ke Indonesia, baik dalam pertemuan bilateral dengan saya dan kunjungan kehormatan kepada Presiden RI, isu GSP ini juga kita bahas bersama,” ujar Menlu Retno. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA