Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Bersama NASA, Nokia Bakal Pasang Jaringan 4G Pertama Di Bulan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Selasa, 20 Oktober 2020, 12:55 WIB
Bersama NASA, Nokia Bakal Pasang Jaringan 4G Pertama Di Bulan
Kantor Nokia/Net
rmol news logo Perusahaan telekomunikasi kawakan asal Finlandia, Nokia, mengumumkan bahwa mereka akan melakukan ekspansi ke luar angkasa berkat kerjasama dengan badan antariksa Amerika NASA.

Produsen peralatan telekomunikasi Finlandia itu mengatakan telah dipilih oleh NASA untuk membangun apa yang digambarkannya sebagai solusi LTE yang sangat ringkas, berdaya rendah, diperkeras ruang, dan ujung ke ujung yang akan tersedia di bulan pada akhir 2022.

Proyek itu juga sebagai bagian dari rencana badan antariksa AS itu untuk menyambut kehadiran manusia di bulan pada tahun 2030.

"Peralatan jaringan Nokia akan dipasang dari jarak jauh di permukaan bulan menggunakan gerbong bulan yang dibuat oleh Intuitive Machines pada akhir 2022," kata Nokia, seperti dikutip dari The Guardian, Selasa (20/10).

"Jaringan akan mengonfigurasi sendiri setelah penyebaran," kata perusahaan itu dalam sebuah pernyataan, menambahkan bahwa teknologi nirkabel akan memungkinkan "fungsi komando dan kontrol vital, kendali jarak jauh penjelajah bulan, navigasi waktu nyata dan streaming video definisi tinggi."

"Peralatan 4G dapat diperbarui ke jaringan 5G super cepat di masa depan," kata Nokia.

Secara keseluruhan, NASA mengumumkan minggu lalu akan mendistribusikan dana sebesar 370 juta dolar AS kepada 14 perusahaan untuk memasok teknologi 'Tipping Point' untuk misinya, yang mencakup robotika dan metode baru untuk memanen sumber daya yang diperlukan untuk hidup di bulan, seperti oksigen dan sumber energi.

Sebagian besar dana masuk ke perusahaan yang meneliti propelan kriogenik, cairan beku yang digunakan untuk bahan bakar pesawat ruang angkasa.

"Di antara mereka, SpaceX Elon Musk menerima 53,2 juta dolar AS untuk demonstrasi transfer sepuluh metrik ton oksigen cair antar tank pada kendaraan kapal luar angkasa," kata NASA. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA