Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Dobrak Pasar Kolombia, Dubes Priyo: Jarak Jadi PR Kita

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Rabu, 14 Oktober 2020, 21:24 WIB
Dobrak Pasar Kolombia, Dubes Priyo: Jarak Jadi PR Kita
Dutabesar RI untuk Kolombia, Priyo Iswanto dalam diskusi RMOL World View pada Rabu, 14 Oktober 2020/RMOL
rmol news logo Indonesia dan Kolombia memiliki potensi kerja sama ekonomi perdagangan yang luar biasa tinggi. Sayangnya, jarak yang jauh menjadi tantangan tersendiri.

Meski begitu, saat ini kedua negara tengah mencari cara untuk membangun konektivitas yang lebih baik.

"Memang jarak ini tantangan kita, kendala kita yang nggak bisa diakali. Ini yang (menjadi) PR kita karena memang belum ada konektivitas antara Asia Tenggara atau Indonesia dan Kolombia dengan Amerika Latin," terang Dutabesar RI untuk Kolombia, Priyo Iswanto.

Berbicara dalam diskusi daring RMOL World View bertajuk "40 Tahun Yang Hangat, Bela Sawit Saling Menguat" pada Rabu malam (14/10), Priyo mengungkap membangun konektivitas memang bukan hal yang mudah dan cepat.

"Kemarin saya tanya dengan Kadin Amerika Latin di Singapura, mereka juga sedang memikirkan itu, untuk mengurangi cost dan juga waktu delivery,"  jelasnya.

Meski begitu, dengan tantangan tersebut, ia mengatakan, Indonesia harus lebih gigih, menawarkan kualitas barang yang lebih baik, dengan harga kompetitif dan proses yang singkat.

"Kalau mereka bisa berdagang dengan Malaysia, Vietnam, kenapa nggak dengan kita? Toh kalau cuma beda kapal sehari ya nggak masalah kalau kita bisa memberikan keunggulan, misalnya prosesnya lebih mudah, pengurusannya lebih mudah, harganya lebih kompetitif, produknya menarik," tandasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA