Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Inklusi Keuangan Penting Agar Pelaku UMKM Bisa Bangkit

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/widian-vebriyanto-1'>WIDIAN VEBRIYANTO</a>
LAPORAN: WIDIAN VEBRIYANTO
  • Rabu, 14 Oktober 2020, 11:26 WIB
Inklusi Keuangan Penting Agar Pelaku UMKM Bisa Bangkit
Uang/Net
rmol news logo Inklusi keuangan memiliki peranan penting bagi perekonomian bangsa yang sedang penuh tantangan. Inklusi keuangan berperan dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat, mendorong proses pemulihan ekonomi nasional, dan mendukung daya tahan ekonomi masyarakat di masa pandemi.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Begitu kata Corporate Secretary Akulaku Finance Indonesia, Wildan Kesuma kepada wartawan, Rabu (14/10). Pernyataan serupa disampaikan dalam sebuah webinar yang dihadiri para pelapak dari Bukalapak.

Menurutnya, pelaku UMKM adalah salah satu yang sangat terdampak pandemi. Wildan Kesuma mengatakan bahwa edukasi terhadap pelaku UMKM penting guna meningkatkan literasi keuangan, sehingga mereka mendapatkan ketersediaan akses pada berbagai lembaga, produk dan jasa keuangan sesuai dengan kebutuhan.

Dengan begitu, Wildan yakin UMKM bisa bangkit di tengah pandemi.

“Inklusi keuangan bisa dikatakan terwujud kalau semua orang dapat mengakses layanan keuangan dengan mudah. Efek yang diharapkan tentu saja meningkatnya kemampuan ekonomi dan berkurangnya kemiskinan serta kesenjangan ekonomi,” ujarnya.

Demi tercapainya target indeks inklusi keuangan Indonesia menjadi diatas 90 persen dalam waktu 3 tahun ke depan sesuai dengan instruksi Presiden Joko Widodo, Akulaku Finance Indonesia secara aktif melakukan edukasi kepada berbagai lapisan masyarakat termasuk pelaku UMKM.

Tujuannya, untuk memberikan pemahaman mengenai pengelolaan keuangan usaha, khususnya pengelolaan pembiayaan produktif yang sesuai dengan kebutuhan UMKM.

“Kami mengedukasi masyarakat melalui berbagai kegiatan, salah satunya adalah lewat webinar bersama dengan komunitas UMKM,” ungkapnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA