Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Susun Rencana Pemulihan Ekonomi, PM Spanyol Alokasikan Dana 84 Miliar Dolar AS

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Kamis, 08 Oktober 2020, 13:59 WIB
Susun Rencana Pemulihan Ekonomi, PM Spanyol Alokasikan Dana 84 Miliar Dolar AS
Perdana Menteri Spanyol Pedro Sanchez /Net
rmol news logo Perdana Menteri Spanyol Pedro Sanchez menguraikan sejumlah rencana tiga tahunnya untuk membangkitkan ekonomi negaranya yang saat ini tengah sakit pada Rabu (7/10) waktu setempat.

Dalam uraiannya, Sanchez mengatakan akan memobilisasi dana sebesar 72 miliar euro atau setara dengan 84 miliar dolar AS dengan harapan dapat memodernisasi negara dan memulihkan penurunan PDB paling tajam yang pernah tercatat di negara itu.

Strategi investasi publik progresif akan berpusat pada transisi hijau Spanyol, digitalisasi, mengurangi ketimpangan, dan meningkatkan kohesi sosial dan teritorial.

Dalam konferensi pers, Sanchez menjelaskan beberapa proyek, termasuk modernisasi birokrasi, mempromosikan penggunaan kendaraan listrik, menjadikan Spanyol pemimpin dalam energi terbarukan, meningkatkan perawatan anak usia dini dan memperluas akses internet berkecepatan tinggi ke seluruh penduduk.

Dia mengharapkan proyek tersebut dapat menciptakan 800 ribu pekerjaan selama tiga tahun ke depan. Sanchez juga mengumumkan bahwa anggaran tahunan yang akan datang akan mencakup pengeluaran senilai 27 miliar euro.

Spanyol belum mengeluarkan anggaran sejak 2018, dan pemerintah koalisi minoritas saat ini masih dalam tahap negosiasi dengan pihak lain sebelum ini disahkan di parlemen.

Secara historis, Spanyol mengalami kesulitan dalam membelanjakan dana Uni Eropa, dan sekarang memenuhi syarat untuk menerima pinjaman bersejarah 140 miliar euro dalam bentuk hibah sebagai bagian dari paket pemulihan Covid-19.

"Ini adalah kesempatan unik bagi negara kami," kata Sanchez pada konferensi pers, seperti dikutip dari Anadolu Agency, Rabu (7/10). 

“Ini bukan hanya tentang memulihkan PDB, ini tentang tumbuh dengan cara yang berbeda," lanjutnya.

Dana Moneter Internasional IMF memperkirakan PDB Spanyol berkontraksi sebesar 12,8 persen tahun ini dan mengatakan pemulihan akan sangat bergantung pada situasi epidemiologi, yang saat ini merupakan salah satu yang terburuk di dunia dalam hal penularan baru per kapita. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA