Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Masuk Diskusi Tahap Awal, Tesla Jajaki Peluang Investasi Nikel Di Indonesia

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Selasa, 06 Oktober 2020, 12:02 WIB
Masuk Diskusi Tahap Awal, Tesla Jajaki Peluang Investasi Nikel Di Indonesia
Tesla/Net
rmol news logo Perusahaan mobil listrik terbesar di dunia, Tesla, tengah menjajaki peluang investasi di Indonesia, khususnya terkait dengan sumber daya nikel.

Hal tersebut diungkap oleh pejabat senior di Kementerian Koordinator Bidang Maritim dan Investasi, Ayodhia Kalake yang mengatakan bahwa pihak Tesla telah menghubungi pemerintah Indonesia secara informal mengenai kemungkinan investasi.

Meski begitu, Ayodhia tidak merinci pembahasan antara Tesla dan pemerintah Indonesia, termasuk peluang investasi yang dibicarakan.

"Itu masih diskusi awal dan belum detail. Kami perlu diskusi lebih lanjut dengan Tesla," ujar Ayodhia dalam pernyataan yag dirilis pada Senin (5/10).

Meski begitu, dimuat Reuters, Ayodhia mengatakan, Indonesia memiliki sejumlah insentif untuk investasi mobil listrik. Mengingat Indonesia sendiri merupakan produsen utama nikel dan memiliki ketersediaan yang melimpah di Sulawesi Tengah.

Beberapa waktu lalu, pemerintah Indonesia berkomitmen untuk mengembangkan rantai pasokan penuh nikel di dalam negeri, alih-alih mengekspor bijih nikel yang belum dioleh.

Nantinya, produksi nikel di dalam negeri akan digunakan untuk membuat baterai, hingga kendaraan listrik.

Bulan lalu, pemerintah mengatakan telah mendapat kesepakatan untuk membangun pabrik baterai lithium dengan LG Chem Ltd dari Korea Selatan dan China's Contemporary Amperex Technology Ltd (CATL).

Di sisi lain, Tesla berkomitmen untuk meningkatkan produksi truk dan proyek tenaga surya.

Bos Tesla, Elon Musk, pada awal tahun ini mendesak penambang untuk memproduksi lebih banyak nikel dan menawarkan kontrak jangka panjang "raksasa" jika ditambang secara efisien dan dengan cara yang peka terhadap lingkungan. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA